Melihat Pengunjung Web/Blog

Bagi Sebagian kita pemilik Blog atau Web tentu ingin mengetahui seberapa banyak pengunjung web yang singgah di web kita. Jika hanya sekedar mengetahui jumlah pengunjung saja , banyak sekali web counter yang bisa melihat dan mendeteksi jumlah pengunjung web kita. Bagi anda yang pemilik web untuk bisnis atau promosi barang tertentu, pola kunjungan user merupakan hal yang penting untuk diamati, halaman mana saja yang sering dikunjungi, keyword apa saja yang membuat pengunjung singgah ke web kita . Apakah posting dan publikasi  kita sudah sesuai dengan harapan kita atau tidak. Manfaat lain adalah untuk melihat seberapa efektif posting kita dari sudut pandang SEO (Search Engine  Optimization) . Cara melihat pengunjung berikut polanya adalah dengan melihat log file di web kita. Pada tulisan terdahulu sudah sedikit di singgung mengenai Awstats. Cara tersebut relatif ribet dan bersifat Technical Aproach. Kali ini akan saya bagi pengalaman saya melihat statistik pengunjung web dengan Webalizer dan Google Analytics. Bagi yang sudah familiar dengan dua tools tersebut bisa skip tulisan ini bagi yang belum silahkan lanjut membaca.

Melihat Pengunjung Web Dengan Webalizer

Webalizer merupakan tool untuk mengamati pengunjung web kita  yang biasanya sudah include pada cpanel tempat anda hosting web/blog. Asumsinya anda sudah familir dengan cpanel tempat kita uopload file. Url Cpanel biasanya http://namadomainkita.com/cpanel, selanjutnya login dengan login dan password yang diberikan. Masuk pada bagian bawah pada Menu Logs.

1. Klik pada menu Webalizer.
2. Lanjut Ke Menu Nama Domain Kita, jika hanya ada satu domain pilih nama domain tersebut, jika lebi pilih yang dikehendaki.

3. Pilih Bulan yang bersangkutan

Melihat Pengunjung Web Dengan Google Analytics

Google Analytics merupakan tool untuk melihat pengunjung web yang disediakan oleh google. Gunakan account google yang sudah ada atau buat account baru jika belum memiliki lewat url ini.
1. Daftarkan Nama domain yang akan di amati.
2. Copy Kode yang diberikan oleh google dan paste di salah satu halaman web/blog anda. Biasanya diletakkan di Footer atau header di halaman muka web/blog kita.
3. Setelah google melakukan verifikasi, Google Analytics siap melakukan analisa pengunjung Web/Blog Kita.

Feature yang ada pada Google Analytics antara Lain:
1. Statistk Pengunjung Dalam Hari, Minggu , Bulan Dan Tahun
2. Traffik Source Pengunjung
3. Content Overview
4. Keyword Entry dan lain sebagainya.

Selamat Mencoba.

9 Responses to “Melihat Pengunjung Web/Blog”

  1. Nova Imoet says:

    trims ya atas infonya

  2. Makasih atas infonya, salam kenal 🙂

  3. amir says:

    trims ya bro, bagus bgt artikelnya

  4. Musa says:

    di coba dulu ya….

  5. Adi says:

    perlu di coba nii,,
    thx ilmu nya ya ??

  6. 3cars says:

    tx infonya bos..

  7. […] yang saya amati pada saat melihat statistik pengunjung web, ternyata halaman web yang paling banyak dikunjungi adalah halaman yang berada pada urutan awal atau […]

  8. ovgadget says:

    Terima kasih atas informasi yang bermanfaat. Cuman saya mau tanya.

    Kenapa statistik saya pada bulan maret ini berhenti di tanggal 25?

    Apakah Webalizer pada CPanel itu updatenya perminggu.. atau per hari?

    Terima kasih

Leave a Reply

You must be Logged in to post comment.

© 2014 tukangsapu.web.id |Knowledge Sharing. All rights reserved.
Proudly designed by Theme Junkie.