IPV6 Internet Protocol Next Generation (IPNG)

ipv6DASAR IPV6 — Bagi yang awam dengan bahasa teknis Internet, IPV6 mungkin sesuatu yang cukup asing. Namun bagi mahasiswa informatika atau orang yang berkutat dengan jaringan komputer IPV4, IPV6 sudah cukup dikenal. Penjelasan sederhananya begini, setiap komputer yang terhubung dengan Internet selalu memiliki alamat ip yang unik (Ip address), layaknya sebuah rumah memiliki alamat dan kode pos yang unik. Jumlah alamat IPV4 dinotasikan dengan 32 bilangan hexadesimal, sehingga jumlah IP-nya 2^32, yang berarti sejumlah itu komputer bisa terhubung satu dengan yang lain. Pengguna Internet di dunia ternyata mengalami lompatan yang luar biasa sehinga alamat ipv4 tersebut semakin lama menipis ketersediaannya. Karena itu dunia Internet bersiap-siap bermigrasi ke IPV6, yang dinotasikan dengan 128 bit hexadecimal, sehingga jumlah alamat yang mampu dialokasikan adalah 2^128. Jauh lebih besar dibandingkan IPV4.

IPv6

atau Internet Protocol Version 6 adalah Next Generation untuk protokol Internet(IPNG). Yang dirancang untuk memberikan beberapa keuntungan di atas Internet Protocol Versi saat ini yaittu IPv4. Secara khusus, IPv6 berisi pengalamatan dan informasi kontrol untuk paket rute untuk generasi berikutnya di Internet. IPv6 didokumentasikan dalam RFC (Request For Comment ) mulai dari RFC 2460. Meskipun IPv6 adalah pengganti IPv4, kedua versi protokol akan terus berorientasi data protokol untuk Internet di tahun-tahun mendatang.

Sebenarnya keuntungan IPV6 tidak hanya pada masalah jumlah alamat IP yang tersedia namun juga pada kecepatan yang lebih baik dibandingkan dengan IPV4. Hal ini karena IPV6 Header lebih sederhana meski size bitnya lebih besar,sehingga dalam menangani masalah routing akan meminimalkan resource router dan lebih cepat diteruskan ke tujuan selanjutnya. Gambar di bawah menunjukkan respon DNS IPV6 yang lebih cepat dari IPV4.

Mengapa IPv6 ?

 

  • Alamat IPv6 mengatasi masalah utama dari IPv4, yaitu, habisnnya alamat untuk menghubungkan komputer atau host dalam sebuah jaringan packet-switched. IPv6 memiliki ruang alamat yang sangat besar dan terdiri dari 128 bit dibandingkan dengan 32 bit pada IPv4. Protokol mendukung 2 ^ 128 alamat IP unik. Sebuah peningkatan yang substansial dalam jumlah komputer yang dapat dialokasikan Ip address dengan IPV6.
  • Selain jumlah komputer yangt semakin banyak, skema pengalamatan IPV6 juga akan menghilangkan kebutuhan NAT (network address translation) yang menyebabkan beberapa masalah jaringan (seperti bersembunyi di balik beberapa host pool alamat IP)

IPV6 QoS (Quality Of Service)

IPv6 membawa kualitas layanan yang diperlukan untuk beberapa aplikasi baru seperti IP telephony, video / audio, Games interaktif atau e-commerce.
Untuk lalu lintas jaringan, kualitas mengacu pada kehilangan data, latency (jitter) atau bandwidth. Dalam rangka mengimplementasikan QoS i, IPv6 menyediakan bidang lalu lintas kelas (8 bit) dalam header IPv6 dan flow label 20-bit.

Mobile IPv6

Fitur ini menjamin survivabilitas transportasi lapisan koneksi dan memungkinkan komputer atau host untuk tetap dicapai terlepas dari lokasi dalam jaringan IPv6 dan, di efek, lapisan transport menjamin survivabilitas koneksi.
Dengan bantuan Mobile IPv6, meskipun simpul perubahan lokasi dan alamat mobile, hubungan yang ada melalui mana mobile node berkomunikasi dipertahankan.

Untuk mencapai hal ini, koneksi ke mobile node yang dibuat dengan alamat tertentu yang selalu ditugaskan ke node mobile, dan melalui mana mobile node selalu terjangkau. Fitur ini didokumentasikan dalam RFC 3775.

Fitur penting lainnya dari IPv6

  • Stateless Auto-reconfiguration of Hosts, Fitur ini memungkinkan host IPv6 untuk mengkonfigurasi secara otomatis ketika terhubung ke jaringan IPv6.
  • Network-layer security,IPv6 mengimplementasikan jaringan lapisan enkripsi dan otentikasi melalui IPsec.

Ringkasan Manfaat IPV6:

  • Meningkatkan jumlah alamat IP
  • Lebih efisiendalam hal routing.
  • Mengurangi Management Requirement.
  • Peningkatan metode untuk berpindah ISP
  • Dukungan yang lebih baik untuk mobile
  • Multi-homing
  • Keamanan

Sumber:
http://ipv6.com/articles/general/ipv6-the-next-generation-internet.htm

Leave a Reply

You must be Logged in to post comment.

© 2014 tukangsapu.web.id |Knowledge Sharing. All rights reserved.
Proudly designed by Theme Junkie.