100 Kali Perang 100 Kali Menang

Seringkali kita dihadapkan pada pilihan yang mau tidak mau harus kita hadapi padahal dalam hati kita tidak siap pada pilihan tersebut. Contoh sederhana, saat masih sekolah bagi yang malas kita harus mengikuti ujian padahal belum menyiapkan diri dengan belajar sungguh-sungguh, dan hasilnya bisa kita tebak pasti jeblok. Kalau bagus itu hanya faktor lucky dan itu persentasenya sangat kecil. Intinya adalah bagaimana kita menyiapkan diri menghadapi pilihan yang kita tentukan dengan baik dan sukses. Kalimat 100 Kali Perang 100 Kali menang sudah beribu-ribu tahun yang lalu dinyatakan dalam teori perang Sun Tzu. Rasanya ini penting kita jadikan motivasi untuk memperbaiki diri melangkah ke depan.

Kehidupan ini rasanya tidak jauh berbeda dengan peperangan, selain dalam perang teori perang Sun Tsu banyak diadopsi sebagai strategi marketing oleh banyak perusahaan. Jika ingin leading dalam perang atau pasar atau dalam bidang kehidupan lain maka ada 3 hal utama yang perlu dikuasai:
1. Mengenali diri sendiri
Tidak ada yang bisa memberitahukan kepada diri kita, siapa Anda sesungguhnya, kecuali diri kita sendiri. Orang lain hanya bisa membantu mencari tahu siapa diri kita. Kekuatan itu harus dipertahankan dan kekurangan itu harus dikurangkan kalau bisa kekurangan itu malah memacu diri kita untuk menjadi lebih baik.

2. Mengenali Kekuatan lawan
3. Mengenali lingkungan

Dengan memiliki pemahaman yang utuh mengenai ketiga hal tersebut dapat mengambil keputusan menerapkan strategi yang tepat. Dalam dunia bisnis teori perang ini seringkali diidentikkan dengan Analisis SWOT(Strength,Weakness,Opportunity,Threat). Jika itu dikuasai maka 100 Kali Perang 100 Kali Menang dan dalam berperang tidak ada kata lain selain MENANG.

tidak ada yang bisa memberitahukan kepada diri kita, siapa Anda sesungguhnya, kecuali diri kita sendiri

Referensi:
http://trainingentrepreneur.org/?tag=sun-tzu
http://www.andriewongso.com/artikel/aw_artikel/3211/Sun_Tzu/

One Response to “100 Kali Perang 100 Kali Menang”

  1. masyhury says:

    wew.. gak semudah itu kali lah,, 😀
    but, okelah,,

    salam kenal mas,

Leave a Reply

You must be Logged in to post comment.

© 2014 tukangsapu.web.id |Knowledge Sharing. All rights reserved.
Proudly designed by Theme Junkie.