Batas Kesabaran

Suatu ketika saya bertemu kawan lama yang kini bekerja sebagai Konsultan Pendidikan Anak Berkebutuhan khusus. Dia mengatakan bahwa menghadapi anak berkebutuhan khusus hanyalah Kesabaran. Tidak perlu orang pinter dengan nilai IP yang bagus tetapi tidak punya kesabaran. Meski saya belum pernah secara langsung menghadapi anak semacam itu, namun pengalaman empirik teman tersebut membuat saya percaya bahwa Kesabaran adalah kunci utama. Saya jadi tertarik untuk menuliskan tentang kesabaran ini.

Dalam banyak hal kesabaran memang menjadi kunci kegagalan atau kesuksesan seseorang dalam berbagai hal. Saya sendiri bukanlah orang yang cukup memiliki kesabaran dalam menghadapi berbagai hal dalam hidup ini tetapi memandang penting dan merasa perlu mengingatkan diri sendiri untuk konsisten dalam kesabaran.

Sabar memiliki kaitan dengan kemampuan mengendalikan diri, orang yang tidak sabar terkadang bertindak sembrono dan tanpa perhitungan. Banyak orang mengatakan Sabar itu Ada batasnya, apakah benar demikian? menurut saya yang memiliki batas itu kemampuan seseorang berada dalam kesabaran. Secara ideal kesabaran itu tidak ada batasnya. Dalam agama diperintahkan untuk bersabar dan menguatkan kesabaran (QS. All Imran: 200). Ketika persoalan yang memerlukan sebuah kesabaran demikian hebat, kita diminta menguatkan kesabaran, bukan menyerah untuk hilang kesabaran.

Pengalaman sederhana betapa kesabaran sangat penting adalah ketika menghadapi anak saya. Anak balita terkadang sulit disuruh untuk mandi dan hal-hal lain ketika ia tengah asyik dengan mainan. Semakin saya memaksakan keinginan untuk si kecil segera mandi, semakin besar pula resistensi dia menolak. Efek lebih lanjut saya lebih tidak sabar demikian juga si kecil semakin tidak akomodatif

Di lain waktu jika kejadian seperti itu terulang saya coba untuk bersabar, meski dalam hati sebenarnya agak tidak sabar, tetapi saya coba bersikap¬† sabar dan tenang . Dengan beberapa pendekatan persuasif dan rayuan, lama-lama si kecil mau diajak kompromi. “Yuk mainanya diajak mandi, nanti dibuat kapal-kapalan sekalian. Saya rasa menang kesabaran yang tiada batas begitu penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Meski Berat tetapi itu baik. Semoga kita semua selalu istiqamah dalam kesabaran. Amin,

Leave a Reply

You must be Logged in to post comment.

© 2014 tukangsapu.web.id |Knowledge Sharing. All rights reserved.
Proudly designed by Theme Junkie.