Internet Cepat

Ada statemen dari seorang pelangan Internet yang bagi saya cukup menggelitik namun bisa difahami dan maklumi. Statemen itu kurang lebih begini “Bagi saya Internet yang baik itu kalau streaming youtube tidak buffering”. Pemikiran semacam ini mungkin menjadi keyakinan banyak orang karena memang aplikasi streaming saat ini sudah menjadi “kebutuhan” banyak orang. Namun apakah ada korelasi antara buffering streaming youtube dengan kualitas koneksi Internet yang disewa pada sebuah provider Internet? Menurut saya tidak bisa demikian, streaming file video seperti youtube memang memerlukan koneksi Internet yang cepat, namun buffering belum tentu menunjukkan kualitas yang tidak baik.

Di satu sisi saat ini konsumen Internet di Indonesia sudah menuntut koneksi Internet yang cepat untuk aplikasi-palikasi tertentu. Meski sebenarnya tuntutan itu belum tentu berdasarkan kebutuhan tetapi lebih pada aspek kesenangan. Jika dihitung orang yang mengakses video dari youtube lebih banyak faktor fun dan hiburan, seperti memutar lagu, cuplikan film dan lain-lain. Orang cenderung lebih suka memutar lagu dari youtube dibandingkan pemutar lagu semacam winamp. Palling tidak itu hasil pengamatan saya dari orang-orang yang secara tidak langsung saya amati.

Koneksi Internet cepat berkorelasi dengan harga sewa bandwidth internet yang dirasakan masih mahal di Indonesia. Meski kecenderungan harga koneksi Internet makin menurun, tetapi belumlah semurah yang diharapkan. Karena itu ada kesenjangan antara “kebutuhan” Internet cepat yang diharapkan dengan biaya yang dikeluarkan untuk menyewa akses Internet. Kebanyakan orang ingin membayar murah namun dapat kualitas yang bagus. Padahal dalam kenyataannya untuk dapat bagus masih perlu biaya mahal.

Dalam kasus contoh streaming youtube, menurut pengamatan saya untuk dapat menjalankan streaming youtube tanpa buffering diperlukan bandwidth 1 mbps setiap orang tanpa sharing. Padahal internet dengan kecepatan itu dedicated tanpa sharing dengan pelanggan lain masih cukup mahal. Di kota-kota besar seperti Jakarta memang harganya lebih murah meski untuk sekedar senang-senang ya cukup mahal, namun di kota-kota kecil di luar Jakarta harganya akan lebih mahal.

Internet cepat memang semakin menjadi kebutuhan namun perlu diingat jangan berharap Internet Cepat dengan harga yang murah untuk saat ini. Untuk tahun-tahun mendatang mungkin itu bisa terwujud.

One Response to “Internet Cepat”

  1. Sriyono Suke says:

    ya cuman klo bayarnya gocap mau inteernet unlmited sebulan penuh bisa streaming youtube tanpa buffering ya masih ngimpiii lah ya…. 😀

Leave a Reply

You must be Logged in to post comment.

© 2014 tukangsapu.web.id |Knowledge Sharing. All rights reserved.
Proudly designed by Theme Junkie.