Cloud Computing Solusi Investasi IT Murah

Belanja IT menjadi beban tersendiri bagi instansi dan perusahaan yang memiliki budged terbatas. Terlebih lagi jika perusahaan tersebut bukan bergerak di bidang IT. Sebagai tool, IT diharapkan menjadi penunjang kinerja bisnis namun demikian di sisi lain justru bisa menjadi beban. Contoh sederhana, untuk memiliki sebuah sistem Customer Relationship Management(CRM), suatu perusahaan harus melakukan investasi untuk server, koneksi internet( jika mau online), software untuk CRM, tenaga ahli untuk menangani semua itu dan pendukung-pendukung lainnya. Tentu ini berat utamanya bagi Usaha Kecil dan Menengah/ SOHO(Small Office Home Office).

Contoh lain aplikasi cloud computing adalah saat kita menggunakan email gratis dari yahoo maupun gmail atau yang lainnya. Kita tidak perlu membeli server, mengkonfigurasi email server sendiri , menyewa bandwidth, memonitor server selama 24 jam sehari, kita cukup mendaftar dan menggunakan selesai perkara.

Cloud computing atau dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai Komputasi awan menjadi solusi investasi IT yang murah bagi usaha kecil ataupun perusahaan kecil. Sederhananya Cloud computing memungkinkan perusahaan untuk tidak berinvestasi pada resource IT yang terlalu mahal dengan jalan menyewa service yang ditawarkan oleh penyedia jasa Cloud computing. Yang harus dibayarkan hanyalah service yang dipakai saja, dan tidak ada kewajiban membayar service yang tidak dipakai. Contoh penyedia jasa ini adalah salesforce.com, untuk indonesia telkomcloud.com dan lain-lain.

Contoh sederhana untuk analogi cloud computing adalah listrik atau Telepon pasca bayar. Untuk dapat menikmati listrik kita tidak harus membuat pembangkit listrik sendiri berikut kerumitannya, namun cukup berlangganan ke PLN dan tiap bulan membayar tagihan sesuai dengan yang dipergunakan. Demikian juga dengan cloud computing. Client tinggal menyewa service tertentu tanpa pusing memikirkan server, membangun aplikasi , maintenance sistem dan lain-lain.

Koneksi Internet yang handal menjadi salah satu faktor penentu sukses cloud computing ini. Cloud computing memungkinkan komputasi dilakukan secara fleksibel dari manapun sepanjang ada koneksi internet, baik melalui PC, laptop, mobile device dan piranti lainnya. Memang ini masih menjadi kendala di Indonesia, meski penetrasi internet sudah cukup baik namun kualitas koneksi masih belum menggembirakan.

Selain masalah koneksi internet masalah keamanan data juga masih menjadi tanda tanya bagi sebagian orang. Dengan data perusahaan yang disimpan pada area orang lain kerahasiaan data menjadi kekhawatiran banyak orang. Dalam hal ini perusahaan besar biasanya lebih memilih membangun sendiri. Namun bagi perusahaan kecil hal ini relatif sedikit tidak sensitif.

Masih banyak kendala dan keuntungan dari Cloud Computing ini, namun ke depan nampaknya akan menjadi solusi investasi IT yang murah bagi SOHO (Small Office Home Office) business. Peluang bisnis bagi provider cloud computing juga peluang bagi SOHO untuk lebih maju dengan TI.

One Response to “Cloud Computing Solusi Investasi IT Murah”

  1. […] adalah barang baru dalam bisnis IT, namun animonya cukup besar. Mengingat berbagai fitur dan manfaat cloud computing cukup efektif untuk bisnis berbasis IT dimasa depan. Beberapa pemain besar dunia telah menjajaki […]

Leave a Reply

You must be Logged in to post comment.

© 2014 tukangsapu.web.id |Knowledge Sharing. All rights reserved.
Proudly designed by Theme Junkie.