Keamanan Menjadi Perhatian Penting Cloud Computing

Tanpa disadari sebenarnya kita sudah cukup akrab dengan dunia cloud computing. Contoh sederhana adalah mengirimkan dan menerima email dengan menggunakan Web mail. Kita tidak pernah mendevelop server email dan investasi perangkat pendukungnya namun tinggal memakai dari yang gratisan sampai berbayar. Karena sifatnya pribadi dan bukan menyangkut “masalah penting” kita tidak pernah memikirkan keamanan data-data email yang kita simpan pada server orang lain. Namun pada saat data yang disimpan adalah data perusahaan menyangkut keuanga dan rahasia perusahaan kita jadi was-was, amankah data email perusahaan kita?

Itulah sekelumit gambaran implementasi cloud computing bila dikomparasikan dengan aspek keamanan. Cloud domputing memang menawarkan beberapa keuntungan dalam hal investasi IT. Beberapa pertanyaan patut diajukan saat usaha kita mulai go cloud computing, seperti misalnya siapa yang berada di Cloud itu? Siapa yang mengelola para partisipan di Cloud? Siapa yang bertanggung jawab untuk masalah liability? Bagaimana aturan main di dalam Cloud, yang melibatkan beberapa pihak? Bagaimana model pengelolaan database dan informasi di Cloud?

Secara spesifik, calon pemakai jasa-jasa Cloud harus bertanya, bagaimana data mereka dilindungi? Bagaimana penyedia jasa mengatasi celah-celah ancaman (vulnerabilities)? Bagaimana masalah gempuran dan pengeksploitasian ditekan? Eko mengingatkan, sebuah rantai tidak lebih kuat dari mata rantai yang paling lemah. Oleh sebab itu, Security di Cloud adalah security semua pemakai jasa Cloud.

Bagaimanapun juga cloud computing hanyalah sebuah teknologi buatan manusia, ada kemungkinan Fail (gagal) sehingga berpotensi hilangnya data yang tersimpan pada server clod. Maka antisipasi yang perlu dipersiapkan adalah Apakah Anda mempunyai backup system atau Anda hanya menunggu hingga Internet membereskan lagi layanannya.

Cloud computing adalah persoalan trust(kepercayaan) terhadap provider cloud computing. Manakala satu provider sudah tidak reliable dan tidak bisa dipercaya, pelanggan bebas untuk berpindah ke provider lain. Hal ini juga perlu difikirkan bagaimana proses migrasi dari satu penyedia ke penyedia yang lainnya.

Sumber:
http://www.antaranews.com/berita/1271822740/cloud-computing-memiliki-potensi-besar-di-indonesia-tapi-harus-aman

Leave a Reply

You must be Logged in to post comment.

© 2014 tukangsapu.web.id |Knowledge Sharing. All rights reserved.
Proudly designed by Theme Junkie.