Anggrek Hitam Asli Indonesia

ANGGREK HITAM INDONESIA — Anggrek dikenal memiliki keindahan yang luar biasa. Selain itu jumlah spesies anggrek yang ada di dunia sangatlah banyak, ribuan jenis anggrek tumbuh di berbagai belahan dunia. Ada beberapa spesies yang mulai menipis jumlahnya bahkan menjadi punah. Namun banyak juga varian-varian anggrek baru yang muncul hasil persilangan (Hybrida) dari anggrek yang sudah ada. Angrek hitam (Coelogyne) merupakan salah satu anggrek yang banyak ditemukan di wilayah Indonesia, di wilayah Sumatera, Kalimantan dan Papua.

Anggrek Hitam Kalimantan

Anggrek Hitam Kalimantan, Photo:Indonesianorchids

Meski disebut dengan anggreo hitam, namun warna anggrek ini tidak hitam. Ada berbagai jenis anggrek hitam yang ada di Indonesia diantaranya adalah Coelogyne Pandurata dan Coelogyne Asperata.

Anggrek hitam termasuk dalam golongan anggrek yang bersifat simpodial. Tipe anggrek ini membentuk rumpun, dimana tiap satuan tanaman saling terhubung dengan akar tinggal (rhizome). Tunas baru yang tumbuh muncul dari tanaman sebelumnya secara mendatar dan tumbuh ke atas.

Tunas baru tersebut akan tumbuh lebih besar dan akan terlihat menggelembung pada batangnya. Kemudian akan terbentuk umbi semu (pseudobulbs). Umbi semu ini berfungsi menyimpan air dan cadangan makanan . Jika Anggrek ini kekurangan air ia tidak akan segera kekeringan karena memanfaatkan cadangan air tersebut. Umbi semu berbentuk bundar panjang, pipih dengan panjang 10-15 cm, sedangkan daunnya berbentuk lonjong, belipat-lipat panjang mencapai 40 cm dan lebar 10 cm.

Coelogyne Pandurata

Anggrek Pandurata memiliki Warna Bunga Hijau dan bercorak kehitaman. Pandurata merupakan anggrek yang Asli tumbuh di Pulau Kalimantan Dan Sumatra. Karena itulah di Kalimantan Pandurata menjadi maskot dan produk andalan.

Pandurata Anggrek Hitam

Pandurata,Anggrek Hitam Borneo Dengan Lidah Hitam

 

Coelogyne Asperata

Berbeda dengan Pandurata meski memiliki kemiripan dari bentuk pohonya Asperata memiliki warna dasar Krem keputihan bercorak coklat.Habitat aslinya terdistribusi mulai Sumatera sampai Papua. Asperata sering juga disebut dengan Anggrek Mutiara.

Anggrek Hitam Borneo

Asperata Anggrek Hitam Borneo Lidah Coklat

Leave a Reply

You must be Logged in to post comment.

© 2014 tukangsapu.web.id |Knowledge Sharing. All rights reserved.
Proudly designed by Theme Junkie.