Anggrek Cattleya

ANGGREK CATTLEYA – Jenis Anggrek yang satu ini termasuk anggrek yang masa berbunga lebih pendek bila dibandingkan dengan anggrek jenis lain, misalnya dendrobium , anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis). Meski demikian keindahannya tidak kalah dengan anggrek lain.  Selain itu Anggrek Cattleya memiliki ukuran bunga yang lebih besar dibandingkan dengan anggrek yang lain. Ada banyak hal yang membuat anggrek yang satu ini bisa rajin berbunga. Faktor kesuburan dan cahaya berpengaruh terhadap pertumbuhan bunga. Keindahan Anggrek Cattleya membuat bunga ini disebut Queen of Orchid.


Anggrek Cattleya
Anggrek Cattleya merupakan salah satu genus dari 42 spesies anggrek dari Kosta Rika sampai bagian Tropis Amerika Selatan dan merupakan salah satu marga anggrek epifi, yang Diberi nama Cattleya oleh John Lindley. Nama Cattleya sendiri diambil dari nama William Cattley, seorang ahli hortikultura asal Inggris.Ada beragam jenis Cattleya yang berasal dari hasil persilangan yang memiliki warna bunga yang eksotik. Anggrek Cattleya termasuk dalam golongan anggrek simpodial atau memiliki ujung-ujung yang terbatas.Memiliki Pseudobulb atau umbi semu yang berfungsi menyimpan cadangan air, sehingga meski kekeringan tetap bisa bertahan.

 

Cattleya akan lebih baik pertumbuhannya pada tempat yang memiliki banyak sinar namun tidak terkena sinar matahari secara langsung. Selain itu media tanaman yang baik juga akan membuat Cattleya rajin berbunga.Media untuk menanam Cattleya dapat berupa media tunggal seperti Pakis, Sphagnum Moss, Kulit Kayu Pinus, atau Arang. Dapat pula menggunakan media kombinasi seperti Pakis dan Batu Zeolit, Pakis dan Sphagnum Moss, Pakis dan Arang.

Pemupukan tergantung dari fase pertumbuhan seperti bibit hingga remaja dapat menggunakan pupuk dengan kadar N:P:K = 25:5:20dan 30:10:10. Menjelang remaja hingga dewasa dapat menggunakan pupuk dengan kadar N:P:K = 20:20:20 dan 21:21:21. Untuk merangsang pembungaan dapat menggunakan pupuk dengan kadar N:P:K = 13:27:27, 10:55:10, 6:30:30 atau 10:40:15.Pemberian pupuk dengan sisa air untuk mencuci beras (Jawa:leri) juga cukup baik untuk pertumbuhan catelya.


 

Agar Cattleya bisa tumbuh dengan baik, apabila rumpun sudah terlalu padat, pisahkan sebagian rumpun ke dalam pot lain. Pot bisa menggunakan pot keramik, pot plastik atau kayu. Apabila akar-akar Cattleya sampai keluar dari pot, perlu dilakukan penggantian pot atau repoting. Biasanya penggantian pot dilakukan 1 sampai 2 tahun sekali. Selain memisahkan agar pot tidak terlalu padat juga untuk mempertahankan keasaman media. Anggrek cattleya membutuhkan tingkat keasaman (PH) normal, sekitar 7. Bersihkan akar-akar yang sudah mati dan busuk.

5 Responses to “Anggrek Cattleya”

  1. oboth says:

    salam kenal…
    dikala mata memandang bunga yang begitu indah terasa hati begitu tenang. entah apa yang terisat dalam keindahanmu meski hanya sekuntum bunga.

    bagus euy bunganya!! aku juga punya di rumah yang lebih banyak…

  2. tukang says:

    Wah menarik Mas/Mbak Kalau dirumah anda memiliki banyak koleksi Anggrek. Sangat senang bila saya bisa belajar dan bertukar fikiran dengan anda

    boey Reply:

    Bagus banget kayaknya subur ,,
    saya punya jenis anggreg ini, di kasih temen bibinya tumbuhnya banyak anak beranak.. cuma masalahnya sudh hampir 3 tahunan gak pernah berbunga.. secara phsik anggreknya subur siih, 1 pot keramik besar banyak batangnya.. untuk pemupukan sama pake air beras dan kadang saya juga pake metchin (ajinomoto) pake spray (diseprotkan secukupnya).
    gimana tuh.. ada yang salah kali yaa.. cara nanamnya..
    sharing donk.. biar angrek saya bisa ber bunga bunga.. seperti yang anda punya very very biuuuttyy,,,.
    thanks ya..
    salam kenal .. juga

    tukang Reply:

    Ini Berdasar Pengalaman saya, siapa tahu bermanfaat. Dulu awalnya Catelya saya juga ndak mau berbunga padahal subur banget, lalu anakan saya kurangi, daun2 yang sudah cukup tua saya potong, hingga tidak terlalu rimbun. Entah kebetulan atau memang harusnya demikian akhirnya mau berbunga juga. Silahkan kalau mau mencoba

  3. tira says:

    ternyata suka dsb dg anggrek lely tuh mungkin catlea ini soalnya lht dr gambar sama persis. Bgs bunganya….di rmh ibuku jg berbunga indah. dan sy punya teman bernama catlea ternyata cantik jg secantik bunganya.

Leave a Reply

You must be Logged in to post comment.

© 2014 tukangsapu.web.id |Knowledge Sharing. All rights reserved.
Proudly designed by Theme Junkie.