Kambing Etawa Prestise Dan Ladang Bisnis Menggiurkan

Kambing EtawaMendengar sebutan kambing mungkin orang akan apriori terlebih dulu, betapa tidak kambing selalu diidentikkan dengan hewan jorok dan bau. Meski demikian setelah menjadi aneka masakan banyak orang menyukainya. Bertolak belakang lagi dengan Kambing Etawa, nama jenis kambing yang memiliki Prestise tersendiri dalam dunia ternak. Kambing Etawa tidak hanya menjadi hewan klangenan yang membanggakan bagi pemiliknya namun juga menjanjikan keuntungan bisnis yang menggiurkan. Kontes kambing etawa di berbagai tempat juga turut andil dalam menaikkan pamor kambing etawa di seluruh negeri.

Kambing etawa memang bukan semata-mata ternak untuk konsumsi, kandungan susu kambing etawa dipercaya memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi, konon nutrisi susu kambing etawa setara dengan susu ASI. Postur tubuh kambing etawa dan keindahan bulu-bulunya membuat harga kambing etawa semakin mahal.

Cukup berbeda dengan bisnis musiman yang sedang booming misanya anthurium beberapa waktu yang lalu, Bisnis kambing etawa dengan harganya yang selangit serasa tidak ada matinya. Setidaknya ini yang dirasakan Mas Totok, pengusaha jasa kontruksi yang meluaskan usahanya pada bisnis kambing etawa. Sejak ia masih kecil sampai sekarang harga kambing etawa masih tetap tinggi dan tidak menurun. Hal tersebut dirasakan sendiri oleh beliau, karena semenjak kecil ia tinggal Di Kaligesing tempat kambing etawa banyak dibudidayakan. Sampai saat ini permintaan kambing etawa masih tinggi, bahkan ia mengirim ke berbagai tempat di luar pulau Jawa.

Dilihat dari sejarahnya Kambing Etawa Kaligesing berasal dari Kawin silang antara Kambing Etawa India dengan kambing lokal yang menghasilkan Kambing Peranakan Etawa (PE). Sehingga sebenarnya yang sekarang ada adalah Kambing Peranakan Etawa namun banyak disebut kambing etawa.

Kambing Etawa

Jika Bukan Kambing Etawa, Tidak Akan Rela Si Pemilik Mobil, Foto Gunungkelir.com

 

Kambing etawa yang berkelas apalagi telah memenangkan kontes akan berharga sangat mahal. Harganya kadang tidak masuk akal, namun nyata. Menghasilkan kambing etawa berkelas bisa dilakukan dengan ujicoba genetik melalui perkawinan indukan kambing etawa yang baik dan pas, terkadang ini memerlukan trial and error. Jika sudah didapatkan pasangan yang klop maka menghasilkan anakan etawa berkualitas cukup mudah. Kambing Etawa Pejantan berkualitas yang menghasilkan anakan etawa bisa laris manis untuk dijadikan pejantan tangguh. Meski demikian faktor betina juga memiliki pengaruh juga.

Jika sudah berharga puluhan juta maka tidak ada lagi yang mengangap remeh Si Kambing.

Leave a Reply

You must be Logged in to post comment.

© 2014 tukangsapu.web.id |Knowledge Sharing. All rights reserved.
Proudly designed by Theme Junkie.