Makanan Untuk Ikan Koi

Koi Bagus

Satu hal yang cukup penting dalam mendapatkan ikan koi yang baik dan indah adalah faktor makanan selain dari faktor lain seperti genetik, kondisi air, kepadatan ikan dalam kolam dan lain-lain. Semakin baik kualitas pakan koi semakin meningkatkat kualitas koi, kualitas pertumbuhan dan kecemerlangan warnanya. Pakan ikan koi yang baik memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang cukup untuk pertumbuhan koi. Akan tetapi kebanyakan pakan ikan koi yang memiliki kandungan gizi yang baik cukup mahal harganya. Sebagian hobist mengatakan selama ini pakan yang mutunya bagus masih harus diimport sehingga harganya menjadi lebih mahal dari pakan lokal. Apakah pakan import selamanya baik bagi kita dan koi? kalau menurut saya berdasarkan masukan dari beberapa hobis yang berpengalaman tidak selamanya demikian.

Pakan yang mahal dan kandungan gizinya tinggi belum tentu cocok untuk Koi kita. Bila Koi kita berasal dari genetik koi biasa-biasa saja, meskipun diberi makanan koi yang berharga mahal tentu hasilnya tidak sebanding dengan biaya yang harus dikeluarkan. Yang lebih cocok adalah menyesuaikan makanan koi dengan kelas koi yang kita miliki. Bila Koi kita kelas kontes maka sudah sewajarnya bila kita berikan Pakan dengan kandungan nutrisi yang baik, tetapi jika koi kita kelas kolam maka memberikan pakan dengan kualitas nomor satu sia-sia saja. Maka yang terpenting adalah menyesuaikan kualitas Koi dengan Pakan, jika tidak ingin kantong kering gara-gara beli makanan koi yang terlalu mahal, meskipun itu boleh-boleh saja,

Fungsi Makanan Koi
Selain memiliki fungsi selazimnya makanan ikan lainya yaitu untuk pertumbuhan, ketahanan tubuh, pakan koi memiliki fungsi untuk mencemerlangkan warna ikan. Karena Koi adalah ikan hias maka warna yang cemerlang merupakan target tersendiri dalam pemberian pakan. Meskipun faktor yang mencemerlangkan warna koi tidak semata-mata makanan, tetapi makanan memiliki peran yang cukup penting. Faktor utama adalah keturunan.

Zat-zat makanan yang diperlukan untuk perkembangan Koi antara lain
– Protein dan asam amino merupakan sumber alami untuk memaksimalkan pertumbuhan.
– Carotenoids (Warna Alam Enhancers), Spirulina merupakan sumber makanan yang efektif untuk pewarnaan pigmen.
– Krill (Shrimp Meal) , Sumber Alam B-carotene & Astaxanthin untuk pigmen merah.
– Alfalfa Meal – Alam sumber pigmen kuning.
– Marigold Extract – Natural colorant karena warna merah-oranye.
– Vitamin A, D, E, K, B1, B2, B6, B12, Biotin, Choline & Asam Folic.
– Vitamin C – mempertahankan sistem kekebalan untuk meningkatkan daya tahan penyakit.

Buah-buahan dan sayuran juga cukup penting untuk memenuhi kebutuhan gizi dan vitamin pada koi. Untuk makanan yang sudah jadi (pelet) cukup banyak tersedia di toko-toko hobist ikan, dari yang berharga belasan ribu/kg sampai ratusan ribu per/kg.

Yang lebih penting lagi adalah model pemberian makanan, memberi makan lebih baik sedikit dalam frekuensi yang sering daripada jumlah banyak dalam frekuensi sedikit. Karena pada dasarnya ikan Koi tidak memiliki lambung, sehingga walaupun masih mau diberi makan akan langsung dibuang jadi kotoran. Efek overfeeding akan membuat kolam jadi kotor dan tercemar. Patokan sederhananya jumlah makanan koi adalah yang bisa dihabiskan oleh koi dalam waktu  2 sampe 5 menit.

2 Responses to “Makanan Untuk Ikan Koi”

  1. Koikeeper says:

    Good Koi Must Good Food

  2. eko saputro says:

    good food mean good color

Leave a Reply

You must be Logged in to post comment.

© 2014 tukangsapu.web.id |Knowledge Sharing. All rights reserved.
Proudly designed by Theme Junkie.