Obyek Wisata Ketep Pass Magelang

garuda-ketepTukang Sapu — Berwisata di kawasan pegunungan yang berhawa sejuk dan segar merupakan alternatif yang menarik untuk melepaskan kepenatan pikiran dan hati setelah bergelut dengan rutinitas pekerjaan kita. Salah satu alternatif tempat wisata yang berhawa sejuk dan segar adalah Obyek Wisata Ketep Pass di kabupaten Magelang Jawa Tengah. Kawasan Ketep Pass merupakan kawasan wisata pada ketinggian 1200-an meter dari permukaan laut. Tempatnya yang lapang dan berada di puncak bukit menjadikan pemandangan dari ketep pass bisa leluasa ke segala penjuru arah. Pemandangan lain yang tidak sangat eksotik dan sangat luar biasa adalah kokohnya Gunung merapi dan merbabu yang berada tepat di depan Ketep Pass, lebih-lebih jika dilihat pada pagi hari atau cuaca yang cerah. semakin menambah pesona Ketep Pass.

Obyek wisata ketep Pass merupakan alternatif lain berwisata di  Magelang, selain Candi Borobudur, Taman Kyai Langgeng dan Kopeng di Salatiga. Selain bisa menerawang gunung merapi dan merbabu, dari Ketep Pass dapat disaksikan pula keindahan Gunung  Sindoro dan Sumbing. Menambah suasana Ketep Pass sangat menyegarkan.

Meski Obyek wisata Ketep Pass belum begitu lama diresmikan, akan tetapi keindahan dan kesejukan hawa pegunungan serta obyek view yang leluasa membuat banyak pengunjung datang ke tempat ini. Berbagai fasilitas pendukung telah dibangun di Ketep Pass. Fasilitas yang menjadi unggulan Ketep Pass adalah wisata Vulkanologi Gunung Merapi. Wisata sekaligus menambah wawasan dan pengetahuan mengenai kegunungapian difasilitasi pada obyek wisata Ketep Pass. Volcano Theatre merupakan bioskop mini yang memberikan gambaran tentang aktivitas gunung merapi kepada pengunjung.

Fasilitas Ketep Pass

GARDU PANDANG

Gardu Pandang merupakan gazebo yang digunakan sebagai tempat untuk melihat keindahan alam Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, serta hamparan lahan pertanian dan lembah di kedua kaki Gunung tersebut. Selain dipergunakan sebagai tempat untuk meneropong Gunung Merapi, gardu pandang bisa dimanfaatkan sebagai tempat berdiskusi, rapat dan berkumpul meski hanya cukup untuk beberapa orang saja. Banyak kelompok-kelompok diskusi atau instansi yang sering menggelar pertemuan di Gazebo Ketep Pass. Ruang yang terbuka tetapi terlindung dari terik matahari dan hujan membuat suasana nyaman Gazebo Ketep Pass.

gazebo

Gazebo Dan Gardu Pandang Ketep Pass


Volcano Theatre

Volcano Theatre Ketep Pass merupakan gedung tempat pemutaran film dokumenter tentang aktivitas Gunung Merapi. Film ilmiah yang menceritakan tentang terjadinya erupsi merapi ,jalur-jalur pendakian, penelitian dipuncak Garuda serta beberapa  letusan dahsyat Gunung Merapi. Dengan Tiket yang cukup murah pengunjung bisa menikmati suguhan film berdurasi kurang lebih dua puluh menit di Volcano Theatre yang disediakan Ketep Pass.

volcano-theatre-ketep

Volcano Theatre Ketep Pass


Areal Parkir dan Mushola

Meski tempatnya berada di puncak bukit, tetapi cukup tersedia areal parkir yang cukup luas. Juga tempat ibadah bagi para pengunjung. Pengunjung tidak perlu khawatir dengan kendaraannya. Bagi pengunjung menggunakan Bus dan kendaraan besar telah disediakan lahan parkir yang lebih luas meski jaraknya relatif lebih jauh dari lokasi utama Ketep Pass.

mushola-ketep

Mushola dan Halaman Sebagai Tempat Parkir Ketep Pass


Tempat Makan

Selain beberapa warung yang tersedia di area Ketep Pass, terdapat makanan tradisional yang cukup menarik yaitu Jagung Bakar. Warung-warung di Ketep Pass menyediakan berbagai macam makanan untuk melengkapi suasana berwisata di Ketep Pass.

Untuk Menjangkau Ketep Pass tidaklah terlalu sulit, dari Arah Yogyakarta rute yang bisa ditempuh Yogyakarta – Blabak – Sawangan – Ketep. Dari Blabak kurang lebih berjarak 15 km. Jika kita dari arah  Semarang bisa melalui Satatiga – Kopeng – Kaponan – Ketep Pass. Perjalanan ke Ketep Pass dapat dilalui menggunakan hampir dengan semua kendaraan sepeda motor, mobil dan bus.

17 Responses to “Obyek Wisata Ketep Pass Magelang”

  1. edi says:

    yen nang ketep pass aku durung tau…..

  2. reez says:

    wahhhh… bagus y….

  3. PUTRA says:

    KALO DARi yogyakarta.. ; dari salam (jl magelang) ke blabag sekitar berapa km ya? jauh ga? thanx 🙂

    tukang Reply:

    Dekat Mas sekitar 10 km, Setelah Muntilan — pertigaan ke Borobudur terus saja ndak usah belok — Pasar Blabak belok kanan ada Papan Penunjukknya Kok.

  4. yulius indarsyah says:

    slamat pagi… maaf mau tanya. kalo di gardu pandang ketep, apa ada tiket masuknya? kalo ada berapa ya Mas? dan apa saja yg bisa kita nikmati disana? dan kalo kita dari borobudur,barapa lama lagi kira2 waktu yang harus di tempuh Mas? terimakasih

    Faril Reply:

    kalo masuk gardu pandang gratis, tapi kalo mau pake teropong harus beli koin seharga Rp 3000 untuk 3 menit pemakaian.

  5. arya UMY says:

    tiket masuknya berapa ya??kalo bule sama domestik beda g harganya?truz objek wisatanya ada pa aja??trus per objek masi harus bayar berapa aja?
    saya butuh sekali informasi ,mohon dikirim ke email saya

  6. indra says:

    Mas Tukang Sapu, mau nanya kalo mau naik angkutan umum dari Borobudur ke Ketep Pass ada gak ya atau harus nyambung? Mohon infonya sekalian tarif angkutannya biar ga dimahalin sama tukangnya.

    Thanks

  7. indra says:

    Mas tambah nanya lagi, kalo dari ketep pass langsung ke Kopeng/ pasar Sapi Salatiga ada angkutannya juga ga dari ketep? Rencana mau ke Salatiga tapi mau ke Borobudur dan setelah baca web ini jadi pengin ke ketep pass juga.

  8. zainul says:

    wah………..
    bsOk QuWh kSanA jD gK sBaR nUi…………….

  9. ENI ENDANG says:

    Gazebo bisa dipesen ga, untuk rombongan tgl. 20 Juni (kurang lebih 40 org),

  10. oKY says:

    klO darI SEMARAng arahNYA Gmn??

    Faril Reply:

    Dari Semarang –> ke Kabupaten Semarang –> Salatiga (ambil Jalan Lingkar Salatiga) –> saat ada perempatan,ambil arah kanan –> ada pertigaan,belok ke kiri –> ikuti jalan yang naik turun itu hingga sampai di Ketep Pass.. Hati-hati, ada beberapa jalan yang rusak dan kondisi sekitar yang masih berupa hutan..

  11. Nazan says:

    Baru tau aj aq. . Lo dr magelang lewat mana. .

  12. bejokampret says:

    setelah baca artikel ini aku langsung meluncur kesana naik sepeda dari yogya

  13. fiza says:

    kira-kira kalo utk gathering, bikin sebuah acara disana tempat mencukupi tidak? terus harus ada perijinan nggak ya?
    tolong info nya.

  14. Faril says:

    masih ada 1 fasilitas lagi disana yang nggak kalah seru: Pelataran Panca Arga.. Pelataran luas yang merupakan titik tertinggi di Ketep Pass. Dari pelataran ini dapat kita lihat 5 gunung besar di Jawa dan beberapa gunung lain. Di pelataran juga ada banyak gazebo dan sitting-group untuk beristirahat..

Leave a Reply

You must be Logged in to post comment.

© 2014 tukangsapu.web.id |Knowledge Sharing. All rights reserved.
Proudly designed by Theme Junkie.