Coating Sendiri Batu Alam di Rumah

Tidak ada salahnya jika anda mau mengisi waktu luang sambil menghias batu alam yang ada di rumah anda. Batu alam biasanya dipasang pada rumah sebagai hiasan dan mempercantik tampilan rumah. Menggunakan batu alam akan menambah nuansa natural dan indah  pada desain rumah. Namun karakteristik batu alam yang berpori memberikan potensi yang besar untuk tumbuh dan berkembangnya lumut pada batu alam. Terlebih lagi jika lingkungan rumah anda lembab dan sering terkena air. Untuk melindungi batu alam dari hal tersebut diperlukan cat khusus batu alam yang sering disebut dengan Coating Batu alam.

Melakukan Coating pada batu alam sebenarnya tidaklah sulit, jika anda memiliki waktu dan mau anda bisa melakukannya sendiri. Namun jika tidak anda bisa menghandle tukang untuk melakukan coating batu alam di rumah anda.


Coating Batu Alam

Perbedaan Batu Alam Sebelum Dan Sesudah Coating



Sebelum melakukan coating batu alam, terlebih dulu perlu dimengerti jenis-jenis coating batu alam. Jenis pertama adalah jenis Cat batu alam yang bening atau clear coating. Coating jenis ini akan melindungi batu alam namun tidak akan kehilangan keaslian warnanya., karena berwarna bening. Hampir sama dengan vernis.

Coating batu alam yang kedua adalah yang berwarna, namun demikian warna natural batu alam tetap akan terjaga. Seolah-olah belum diberi lapisan cat. Cat model ini akan membentuk lapisan film yang mampu melindungi dari air. Air akan mudah tergelincir jatuh sehingga tidak menimbulkan lumut. Selanjutnya silahkan pilih warna coating yang anda sukai.

Cara Coating Batu Alam

Langkah pertama untuk melakukan cat pada batu alam adalah membersihkan seluruh permukaan dari kotoran dan cat lama. Setelah itu mulailah melakukan coating (cat batu alam) dengan kuas atau alat penyemprot lainnya. Agar merata kuaskan perlahan-lahan. Jika dirasa belum merata atau warna kurang bagus, cat ulang dua sampai 3 kali, hingga sesuai dengan warna yang dikehendaki.

Melakukan cat pada batu alam selain menambah keindahan batu alam itu sendiri juga akan melindungi dari lumut yang menempel. Rumahpun nampak indah dan terkesan natural. Selamat mencoba.

One Response to “Coating Sendiri Batu Alam di Rumah”

  1. Namun yang disayangkan kilau batu alam yang sudah dicoating tidak seindah aslinya.

Leave a Reply

You must be Logged in to post comment.

© 2014 tukangsapu.web.id |Knowledge Sharing. All rights reserved.
Proudly designed by Theme Junkie.