Eksotisme Taman Anggek Nasional Singapore

TAMAN ANGGREK SINGAPORE — Bagi kebanyakan orang Indonesia lokasi wisata Taman Angrek Nasional Singapore (National Orchid Garden) kelihatannya bukan tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Lokasi ini kalah menarik dibandingkan Merlion, Sentosa Island, China Town , Sim Lim Square dan berbagai tempat perbelanjaan lainnya. Namun bagi saya, sebelum berangkat ke Singapore sudah merencanakan untuk mengunjungi lokasi tersebut. Yang menarik hati saya selain kesukaan saya dengan anggrek, juga penasaran dengan model penataan taman negara tersebut. Yang saya ketahui Singapore adalah negara kecil dengan lahan yang terbatas. Meski tidak memiliki waktu yang cukup lama, Alhamdulillah sempat juga mampir ke sana.

 

pintu-masuk-national-orchid-garden

Pintu Masuk National Orchid Garden

National Orchid Garden of Singapore sendiri berada dalam satu kawasan dengan National Botanical Garden. Kalau di Indonesia mungkin mirip dengan Kebun Raya Bogor. Isinya berbagai macam tanaman dengan berbagai spesies. Berjalan menyusuri kebun raya ini cukup melelahkan, tanpa harus membayar. Namun anda harus spare tenaga dan stamina untuk bisa mengelilinginya. Namun kelelahan anda akan terbayar dengan suasana nyaman taman nasional ini.

Taman Anggrek Singapura  merupakan pusat budidaya anggrek di Singapore. Anggrek dianggap sebagai kerajinan tangan bagi staff mereka. Ada berbagai macam spesies anggrek yang ada di Taman Anggrek Singapore, baik anggrep spesies maupun anggrek hybrid. Tidak kurang dari 1000 jenis anggrek spesies dan 2000 jenis anggrek hybrid dibudidayakan di sana.

Koleksi Anggrek National Orchid Garden

Koleksi Anggrek National Orchid Garden

Megelilingi kawasan National Orchid Garden of Singapore dihadapkan pada hamparan bunga anggrek yang sangat indah, didesain layaknya lokasi hidup anggrek pada hutan hujan. Pada lokasi VIP Orchid Garden, anggrek-anggrek hibrida diberi nama dengan nama pejabat negara yang kebetulan mengunjungi Singapore dan National Orchid Garde. Selain pejabat dari berbagai negara nama anggrek hibrid juga diberikan dengan nama artis dunia yang berkunjung kesana.

Selain lokasi-lokasi tersebut ada cool house yang merupakan ruangan yang didesain cukup dingin, untuk tanamank special. Ruangan ini dibuat mirip dengan keadaan hutan hujan tropis yang asli, sehingga semua anggrek bisa hidup dengan baik.

Koleksi anggrek-anggrek langka bisa ditemukan pada space tersendiri yaitu Tan Hoon Siang Mist House. Berbagai macam anggrek langka nan eksotik bisa dijumpai di spot ini.

Mitst House, Tempat Anggrek Langka

Mitst House, Tempat Anggrek Langka

Mengelilingi National Orchid Garden, memang serasa tidak ada habisnya dan tidak puas dalam seharian. Banyak keindahan dan eksotisme tanaman anggrek bisa dinikmati disana. Sebagai souvenir di pintu keluar anda dapat membeli anggrek dalam botol, yang merupakan hasil breeding National Orchid Garden. Harganya juga lumayan, $19 SGD untuk satu botol, yang hanya berisi 1-2 pohon.

Leave a Reply

You must be Logged in to post comment.

© 2014 tukangsapu.web.id |Knowledge Sharing. All rights reserved.
Proudly designed by Theme Junkie.