Perangkat Mobile Pilihan Akses Internet

AKSES INTERNET MOBILE — Tren penggunaan Internet di dunia dan Indonesia terus menerus semakin meningkat secara significant. Pertumbuhan pengguna Internet tidak lagi mengikuti grafik secara linier tetapi melonjak secara drastis. Pertumbuhan yang besar dan diluar perkiraan ini salah satunya ditandai dengan semakin sedikitnya persediaan IP adress versi 4 (IPV4) yang ini menunjukkan alokasi IP address untuk internet semakin banyak.

Pertumbuhan pengguna Internet di Indonesia sendiri mengalami pertumbuhan yang cukup pesat pula. Dari data Internetworldstats, Indonesia menempati urutan ke 8 di antara pengguna internet dunia, yang berjumlah 2.4 % dari penduduk dunia .Untuk jumlah pengguna akses internet dunia, posisi teratas ditempati China disusul US , India dan Jepang.

 

peringkat-internet

 

Dari jumlah penduduk Indonesia yang berjumlah kurang lebih 2,267,233,742 pada tahun 2012, yang telah menikmati akses Internet adalah sekitar 55,000,000 atau jika diprosentase pengguna akses internet di Indonesia sebesar 22.4 %. Untuk pengguna akses internet tersebut umumnya masih di Kota-kota besar dan hanya 4.1% di daerah Pinggiran.

Akses Internet Dengan Perangkat Mobile

Yang lebih menarik mengenai jumlah pengguna akses internet di Indonesia, separuh lebih atau 52.5% mengakses internet dari perangkat mobile. Perangkat mobile memang memberikan andil cukup besar dalam penetrasi akses internet di Indonesia.

Dari kenyataan tersebut banyak hal yang menjadi tantangan dan peluang dalam memanfaatkan akses internet di Indonesia. Diantaranya adalah pengembangan aplikasi mobile (mobile app) dan transaksi menggunakan perangkat mobile. Selain itu dari sudut pandang operator, penguatan infrastruktur yang mendukung akses internet melalui perangkat mobile menjadi keharusan. Ekspektasi user internet pemula menurut saya pribadi memang terlalu tinggi akan akses internet mobile jika dibandingkan dengan realitas.

You may also like...

Leave a Reply