Schedule Task di Mikrotik

Schedule task di mikrotik sebenarnya hanyalah proses menjalankan script yang dilakukan secara otomatis dan terjadwal pada waktu-waktu tertentu. Script sendiri juga merupakan command yang ada pada mikrotik. Contoh berikut diasumsikan kita akan memutus koneksi internet pada saat kantor tutup (Jam 16.00 misalnya) dan akan mengkoneksikan kembali pada saat kantor buka (jam 08.00 misalnya). Hal tersebut dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan koneksi internet pada saat administrator tidak berada di kantor dengan cara yang tida begitu kelihatan.

Ada banyak cara sebenarnya yang bisa dilakukan untuk kasus di atas, antara lain:
1. Matikan Router dengan mencabut power suply, cara kurang smooth dan kelihatan adminnya pelit :D.
2. Shutdown dengan script shutdown , cara ini mengharuskan setiap pagi menghidupkan router.
3. Jalakan script untuk Mendisable interface Internet dan Mengenable kembali.Cara pertama tidak akan dibahas, karena memang tidak perlu pembahasan lagi.
Cara kedua langkah-langkahnya sebagai berikut :
– Dari menu System –> Scripts , maka muncul Windows Script List
– Klik tanda +, muncul windows new script
– Isikan nama script misal shut, isikan source /system shutdon. Klik Apply lalu Ok
– untuk melakukan tes ,pilih script shut kemudian klik Run Script
– Hidupkan kembali router.- Saatnya sekarang melakukan penjadwalan untuk menjalankan script tersebut.
– Dari menu utama Klik system –> scheduler , akan muncul windows scheduler
– Klik tanda +, isikan name misalnya shut, Start date misal Jun/30/2007, time isikan 16:00:00 atau waktu lain yang dikehendaki.Interval merupakan interval waktu
script akan dijalankan. Misalnya akan dijalankan setiap jam 16.00, berarti interval 24 jam. Isikan 24:00:00:00
– Isikan pada on event nama script yang dikehendaki dalam hal ini adalah script shut.Klik Ok. Tinggal menunggu script tersebut akan dijalankan pada waktu yang ditentukan.Cara Ketiga
– Misal ethernet yang terkoneksi ke internet adalah ether1
– System –> script –>Klik + –>name=mati source =/interface ethernet disable ether1 –> Klik Ok
– Klik + lagi –> name=hidup sorce=/interface ethernet enable ether1 –> Klik OK.
– Pilih masing2 script kemudian Run Script, bila ingin melakukan testing.
– Saatnya membuat schedule
– Sytem –>Scheduler –> Klik tanda + , name=mati, tanggal misal jun/30/2007 jam 16:00:00, interval setiap 24 jam isikan 24:00:00:00 atau sesuai dengan yang dikehendaki, On Event diisi script mati.
– Untuk Schedule hidup langkahnya sama, hanya diebedakan On event diisi hidup dan jamnya, misal 08:00:00 interval juga 24 jam.Selamat mencoba semoga tidak bingung. 😀

You may also like...

9 Responses

  1. oom says:

    Kalo mau menghidupkan internet hanya digunakan setelah jam kerja. Pada saat jam kerja hanya bisa buka situs tertentu saja.
    contoh: internet mati dari jam 09:00 sampai jam 20:00, pada jam tersebut tidak bisa akses internet kecuali ke suatu IP Address. Caranya bagaimana ya…

    dzgsh Reply:

    au ah elap

  2. imam says:

    Sepp pak tengyu, baru donk ternyata hanya script biasa yang diskedulkan…
    Bisa nyoba yg lain nich..

  3. kendoer says:

    bos, kalo mau ngidupin Router Mikrotik via LAN atau Internet ada ga scripnya ? soalnya router ma tempat saya ngoprek-ngoprek berjauhan, and sering mati lampu jadi capek harus bolak balik ngidupin router….krim via mail ya bos…matur thankyu….

    tukang Reply:

    Setahu saya tidak ada mas, kalau Mikrotiknya diinstall di PC atau pake DOM, bisa di set di bios PC-nya UP jika listrik nyala. Persisnya tergantung tipe biosnya.
    Kalau Routerboard otomatis akan up sendiri.

  4. edie9a says:

    Mas. Cara setting jam (clock) gimana sich? soalnya setah aq restart router RB 410, jamnya kembali seperti semula lagi.terimakasih ya mas

    tukang Reply:

    Yes mas, Routerboard kan tidak punya bateray CMOS, jadi setingan jam tidak tersimpan apabila RB mati. Solusinya Time RB di seting untuk selalu sincronise dengan NTP Server. Dari Winbox Setting –> NTP Client . Isikan Ip address Primary NTP server dan Secondary NTP Server. Tentunya kita harus punya NTP server terlebih dahulu. Kalau RB terkoneksi Internet bisa ngambil dari publik ntp server.

  5. dark says:

    BOSS kalau misalkan sy ingn setiap hari senin sampai sabtu proxy aktif jam 8.00 dan mati jam 17.00 kemudian untuk hari minggu proxy sama sekali tidak aktif bagaimana script nya ?

    hatur nuhun di antos walerannana

  6. nda says:

    hatur thank’you…….
    ok lah…tpi da cranya wat ngebagi bandwith ga?supaya pas jam tertentu bandwithnya ga bsa di bagi lagi,,,
    ksih tw y?

Leave a Reply