D’Qiano Hotspring Waterpark Pemandian Air Panas Tertinggi Di Dieng

Perjalanan kali ini saya ajak teman-teman traveler untuk mengunjungi Pemandian Air Panas tertinggi di kawasan Dieng. Nama tempat ini adalah sedang menuju pintu masuk kolam renang air panas tertinggi di Pulau Jawa. Nama tempatnya adalah D’Qiano Hotspring Waterpark Dieng.


D’Qiano Hotspring Waterpark Lokasinya ada di Desa Kepakisan, Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara , Jawa Tengah,atau masuk kawasan Dieng Kulon. Lokasinya berada di dekat Kawah Sileri Dieng.
Jarak Dengan Pusat Wisata Dieng sekitar 5 km , teman-teman bisa ambil rute ke arah ke Batur atau sejalur ke arah Tol Kayangan Dieng dan obyek wisata Sigemplong.

D Qiano Hotspring Waterpark


Untuk Masuk D Qiano Hotspring Waterpark ini dikenakan tiket 20 ribu rupiah per orang. Begitu masuk sebenarnya ada kolam pertama yang berupa wahana bermain air seperti lazimnya waterboom lain, namun memiliki suhu air yang hangat. Namun saat kami kunjungi bagian ini sedang dilakukan renovasi sehingga tidak beroperasi.
Saat kami kesini di tahun 2019 bagian ini masih beroperasi , kolamnya dangkal dan airnya tidak terlalu panas sehingga cocok buat bermain anak-anak.


Berada di ketinggian 1.970 m dpl Dqiano ini diyakini merupakan Kolam Air panas tertinggi di Pulau Jawa. Suhu di dalam kolam yang panas sangat kontras dengan suhu lingkungan Dieng yang sangat dingin, sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama berendam di dalam kolam renang.


Air kolam renang di D Qiano Hotspring Waterpark ini diambil langsung dari Sumber air panas alami , yang konon dari Kawah Sileri yang ada di dekatnya. Selain itu panas bumi ang dihasilkan oleh alam Dieng ini dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi yang dikelola oleh PT Geodipa Energi anak perusahaan dari PT PLN.
Di kolam kedua, yang sebenarnya diperuntukkan untuk orang dewasa atau anak-anak yang sudah bisa berenang. Kolam ini adalah kolam yang dalam dengan kedalaman 120 cm dan 180 cm, yang diberi pembatas tali. Menurut saya air di kolam ini yang paling pas dan nyaman buat berenang atau berendam. Airnya juga jernih dan bersih ditambah pemandangan di sekitar membuat saya betah berendam disini.


Kolam yang ketiga ini ukurannya lebih kecil dan tidak terlalu dalam namun suhu airnya paling panas. Untuk pertama kali masuk biasanya pengunjung tidak kuat dengan suhunya. Namun lama-lama bisa bertahan. Kolam ini dangal dan cocok buat berendam sambil duduk santai tanpa harus capek-capek berenang. Oh ya di kawasan ini bau belerang cukup menyengat bagi yang sensitif mungkin perlu diperhatikan. Namun secara umum tidak masalah dengan bau belerang tadi.


Kolam keempat ini bentuk dan ukurannya sama dengan kolam ketiga, namun airnya lebih dingin dari kolam ketiga menurut saya. Kita juga bisa berendam disini tanpa harus berenang.


Di samping kolam juga ada Gazebo-gazebo yang bisa dipakai buat menaruh pakaian atau barang-barang saat pengunjung mandi di Kolam renang, ada juga kantin tempat kita bisa pesan makanan. Ruang ganti dan ruang bilas juga tersedia di sebelah kiri dan kanan waterpark. Untuk ruang bilas di sebelah kanan ini airnya hangat jadi bisa dipilih yg sebelah kanan jika kedinginan.


Sekian dulu untuk liputan perjalanan saya kali ini, terimakasih sudah mengikuti perjalanan saya. Selamat bertemu lagi di perjalanan-perjalanan selanjutnya.

You may also like...

Leave a Reply