Menempatkan Web Pada Halaman Pertama Mesin Pencari

Hampir setiap orang yang mengakses Internet saat ini tidak bisa lepas dari ketergantungan pada mesin pencari. Membuka mesin pencari seperti google, yahoo , bing dan lain sebagainya menjadi aktivitas wajib saat online. Paling tidak berdasarkan hasil pengamatan saya pribadi terhadap aktivitas orang-orang disekeliling saya saat sedang menggunakan internet. Power mesin pencari begitu luar biasa bagi setiap orang yang berkepentingan di dalamnya. Bagi pemilik web/blog entah itu pribadi, perusahaan maupun pelaku bisnis online menempatkan web pada halaman pertama mesin pencari menjadi kunci agar web menjadi populer.

Menempatkan web pada halaman pertama mesin pencari merupakan solusi murah untuk promosi bisnis, mengenalkan produk, mengenalkan company profile perusahaan, bahkan lapak dagangan online. Bisa dibilang murah karena untuk membuat web kita berada di urutan awal halaman mesin pencari memang tidak ditarik biaya oleh pengelola mesin pencari. Bandingkan saja jika kita ingin mengenalkan perusahaan atau bisnis kita dengan beriklan pada media yang lain. Bagi perusahaan atau usaha kecil tentu tidak sesuai antara pengeluaran dan pendapatan.

Untuk membuat web berada di urutan awal mesin pencari pada dasarnya kita mengikuti algoritma atau cara search engine tersebut mengindek setiap halaman web yang ada. Dalam bahasa lebih teknis dikenal dengan Search Engine Optimizing (SEO). Tips dan trik SEO yang benar dan baik akan membuat halaman web milik kita nangkring di urutan awal mesin pencari berdasarkan keyword tertentu. Keyword memiliki peranan yang cukup significant dalam menentukan posisi tinggi pada mesin pencari.

Sebagai contoh misalnya kita memiliki usaha ternak lele dumbo yang akan kita promosikan melalui internet. Maka keinginan kita tentu setiap orang yang mengetikkan Keyword Lele Dumbo pada mesin pencari yang muncul urutan pertama adalah web kita atau paling tidak di halaman pertama mesin pencari. Dengan demikian orang akan mengunjungi web kita dan mengenal produk atau jasa yang ditawarkan. Jika pengunjung merasa yang dicari sesuai dengan yang diinginkan tentu akan berlanjut ke tahap selanjutnya entah kerjasama bisnis, atau sekedar berkonsultasi.

Fakta yang saya amati pada saat melihat statistik pengunjung web, ternyata halaman web yang paling banyak dikunjungi adalah halaman yang berada pada urutan awal atau halaman pertama pada mesin pencari. Ini membuktikan bahwa sebagian besar orang mengakses web kita melalui mesin pencari ( tentu ini bagi web yang belum populer, bagi yang sudah populer lebih banyak direct visitor). Sehingga cukup logis jika kita berupaya untuk menempatkan web kita pada urutan awal pesin pencari.

Kekuatan search engine sebagai alat promosi online menjadikan Search Engine Optimizing (SEO) menjadi ilmu baru yang digandrungi oleh pelaku bisnis online, blogger atau pemilik web. Intinya jika ingin populer di dunia online adalah berusaha menempatkan web kita pada urutan pertama atau halaman awal mesin pencari.

One Response to “Menempatkan Web Pada Halaman Pertama Mesin Pencari”

Leave a Reply

You must be Logged in to post comment.

© 2014 tukangsapu.web.id |Knowledge Sharing. All rights reserved.
Proudly designed by Theme Junkie.