Membangun Strategi Digital

Strategi DigitalSTRATEGI DIGITAL — Strategi digital secara sederhana didefinisikan sebagai jalan untuk mencapai tujuan melalui media elektronik. Misalnya saja untuk promosi brand, marketing dan lain sebagainya. Strategi digital bisa menggunakan berbagai macam chanel digital yang tersedia misalnya saja web, media sosial, Aplikasi khusus, aplikasi mobile dan lain sebagainya. Media digital hanyalah tool yang dipakai untuk mencapai tujuan tersebut, misalnya dalam bisnis , strategi digital tujuan akhir yang diharapkan adalah brand perusahaan menjadi lebih dikenal, meningkatkan penjualan, mendapatkan konsumen secara langsung, dan mendapatkan data pasar melalui pengamatan dari media digital.

Kesenjangan pemahaman antara media lama dengan media digital memunculkan konsultan strategi digital yang mampu menjembatani dua hal tersebut. Karena itu bagi brand bisnis yang akan terjun membangun bisnis melalui strategi digital harus memahami apa itu strategi digital dan bagaimana aktualisasinya. Masuk dalam dunia digital atau online saja belum cukup tanpa tujuan yang jelas. Harus diperhitungkan apa keuntungannya dan berapa ROI-nya. Jadi jika anda sudah berencana membangun strategi digital yang penting dipertimbangkan adalah bukan strateginya tetapi apa yang bisa dihasilkan dari upaya tersebut.

Langkah Membangun Strategi Digital

Dalam membangun strategi digital untuk mengembangkan bisnis, ada berbagai tahapan yang harus dilakukan dan dicermati. Sehingga strategi digital yang dibangun tidak asal-asalan dan memiliki tujuan, langkah dan analisa hasil yang jelas. Berikut langkah-langkahnya:
1. Perencanaan Dan Assesment
Pertama kali anda akan membangun strategi digital yang penting dirumuskan adalah apa yang diharapkan dari strategi digital anda. Hal lain yang dianalisa adalah posisi brand saat ini, persepsi konsumen serta segmen pasar dari bran anda. Segmentasi meembantu brand untuk bisa menentukan chanel digital yang sesuai dan efektif.

2. Create Campaign
Langkah selanjutnya adalah membuat dan merumuskan pesan yang akan disampaikan melalui media digital, rumusan pesan ini didasarkan pada penilaian pada langkah pertama. Dalam merumuskan pesan ini, ada beberapa hal yang perlu ditanyakan pada diri sendiri mengenai:

  •  Apa sebenarnya isi pesan ini untuk target pelanggan?
  • Mengapa target pelanggan peduli terhadap cerita ini?
  • Emosi apa yang akan timbul pada target pelanggan pada narasi ini?
  • Bagaimana narasi ini bisa menyentuh kebutuhan emosi target pelanggan?
  • Bagaimana narasi ini bisa mendorong target pelanggan untuk memiliki/menggunakan produk yang ditawarkan?

Narasi ini dibuat untuk menjadi sarana efektif dalam berinteraksi dengan target pelanggan. Tiap-tiap chanel yang dipilih mungkin memerlukan narasi yang berbeda, selain itu harus bisa diukur seberapa jauh efektifitas dari campaign yang dibuat.

3. Aktualisasi Strategi Digital Dengan Memilih Platform Yang Tepat
Pada fase kedua dalam menciptakan campaign strategi digital anda sudah memutuskan platform dan teknologi apa yang akan dipakai. Penting dipertimbangkan saluran dan platform yang dipakai sesuai dengan gaya hidup dan perilaku target pasar yang disasar . Misalnya saja apakah melalui Youtube, Facebook, Instagram, Pinterenst dan lain sebagainya. Yang perlu dilakukan dalam tahap ini adalah :

  •   Bagaimana habit target pelanggan mencari informasi tentang produk saya?
  • Platform sosial apa yang mereka gunakan?
  • Apa tujuan pemilihan platform sosial dan teknologi yang telah dipilih?
  • Apa yang membedakan saya dengan kompetitor?

Yang penting diperhaikan dalam fase ini adalah menciptakan indikator kinerja (KPI) dari semua platform yang telah dipilih. Ini penting untuk mengetahui sejauh mana setiap chanel bisa menghasilkan kesadaran , keterlibatan target pelanggan bahkan nilai penjualan.

4. Libatkan Dan Pupuk Terus Hubungan
Agar sukses dalam membangun strategi digital,anda akan harus konsisten dan realistis. Dengan menciptakan kehadiran yang konsisten di seluruh platform utama, anda berada di jalur untuk memenuhi KPI yang Anda tetapkan untuk diri sendiri dalam tahap pembangunan . Brand harus mendekati masyarakat dengan tujuan untuk melibatkan kehidupan pribadi mereka dan pengalaman.

5. Ukur Dan Evaluasi
Tujuan akhir dari keterlibatan adalah untuk menciptakan sebuah loop umpan balik yang memungkinkan Anda untuk memenuhi tujuan Anda tetapkan dalam tahap pengembangan strategi. Untuk menjadi sukses, Anda harus terus mengevaluasi dan mengubah strategi digital Anda berdasarkan informasi yang Anda dapatkan dari kampanye dan inisiatif digital. Sebagai pemasar, penting bahwa kita mengukur segalanya.

Sepanjang setiap kampanye, Anda juga harus menggunakan tool untuk mendengarkan percakapan di media sosial untuk mendapatkan wawasan berkaitan dengan performa kampanye, variasi dalam brand healthty, dan isyarat bahasa yang menunjukkan niat pembelian dan kinerja brand secara keseluruhan.(#Macala Wright,Mashable).

Leave a Reply

You must be Logged in to post comment.

© 2014 tukangsapu.web.id |Knowledge Sharing. All rights reserved.
Proudly designed by Theme Junkie.