Wedhus Gembel

Wedhus gembel merupakan efek letusan Gunung Merapi yang paling ditakutkan oleh semua orang. Suhu awan panas ini bisa mencapai ratusan derajat celcius dan bergerak dengan amat cepat. Cukup sulit kita menghindar jika posisi cukup dekat dengan sumber wedhus gembel. Ini Adalah Gambar awan panas merapi yang biasa disebut wedhus gembel, yang keluar dari sungai gendol. Diambil dari Desa Kali Tengah Lor pada letusan tahun 2006.

wedhus gembel

Wedhus Gembel 2006 Dari Kalitengah Lor

Wedhus gembel merupakan fenomena unik yang ada pada Gunung Merapi, yang konon tidak muncul pada Gunung Berapi lain. Ini disebabkan tipe letusan Gunung Merapi yang bersifat erupsi.

wedhus gembel

Wedhus Gembel 2006 Dari Merapi Golf

Banyak Korban Jiwa yang melayang karena keganasan Wedhus Gembel. Bentuk awan panas yang menyerupai bulu Kambing Gembel (Wedhus Gembel orang Jawa menyebut) membuat awan panas dinamai wedhus Gembel. Postingan lama (24 Juni 2006)  ini saya reposting ulang seiring dengan letusan Merapi pada Oktober 2010 ini.

You may also like...

7 Responses

  1. Biasa says:

    Kok tidak kayak wedhus ya….??? Mana Kambingnya..??

    hakim Reply:

    maksud dari wedus gembel tu,, bulunya… amatin tu…

  2. hakim says:

    bulu wedus tu kaya asep yang keluar dri merapi…
    nah orang sini bilang weduuus… Lg ngambeg……

  3. plentiswae says:

    Weduse sih gak masalah, yang masalah itu “gembelnya”. Benar-benar pembawa maut …. 8(

  4. aming says:

    kenapa namanya harus wedhus gembel yaa..

  1. October 30, 2010

    […] Manakala penduduk mengungsi beliau memilih bertahan di rumah sambil berdoa. Nampaknya bagi beliau Wedhus Gembel atau awan panas bukanlah hal yang perlu […]

  2. November 12, 2010

    […] Wedhus Gembel […]

Leave a Reply