Membuat Iklan Baris Pada WordPress Dengan TDO Mini Form

Iklan Baris WordPress

Iklan Baris WordPress

Membuat Blog yang lebih interaktif dan tidak monoton dapat dilakukan dengan mengundang partisipasi pengunjung di dalam Blog kita, seperti post comment yang sudah lazim, membuat draft post bagi unregistered user, postting iklan, pasang backlink , membuat iklanbaris dan lain-lain. Pada kesempatan ini akan saya coba buka diskusi mengenai TDO Mini Form plugin wordpress untuk membuat iklan baris pada blog kita. Sesungguhnya plugin ini tidak semata-mata berguna untuk itu, tergantung kebutuhan kita. Pada prinsipnya TDO Mini Form memungkinkan user yang tidak diregistrati bisa melakukan submit dan edit sebuah postingan. Posting baru oleh user tersebut akan dianggap sebagai drfat dan menunggu approval dari admin. Kegunaan lain plugin ini antara lain “outside-the-box” , Contact Managers, Ad Managers, Collaborate Image Sites, Submit Links, dan lain-lain.

Mulai Iklan Baris WordPress  Dengan TDO Mini Form

Iklan baris merupakan salah satu aplikasi yang banyak diterapkan pada beberapa web dan blog. Untuk mengakomodasi salah satu keperluan itu plug-in TDO Mini Form dapat kita pergunakan untuk membuat iklan baris. Tentunya iklan baris yang akan dibuat berbasis CMS WordPress. Langkah memnuat iklan baris dengan plugin ini cukup simple, selain itu dapat dicustomisasi sesuai dengan keinginan.

Langkah-langkah untuk menggunakan TDO Mini Form sebagai Iklan Baris adalah sebagai berikut:
1.Langkah pertama adalah mendownload TDO Mini Form dari URL ini.
2. Selanjutnya ekstrak dan upload ke blog kita.
3. Aktifkan Plug-in TDO Miniform.

Menu Pada TDO Mini Form

Menu Pada TDO Mini Form

4. Konfigurasi TDO Miniform, pada awal konfigurasi kita diminta untuk membuat dummy author dengan role sebagai subscriber. Posting melalui form ini akan dianggap dilakukan oleh dummy author tersebut. Secara default authornya adalah tdom_xxxx, bisa diganti dengan cara create user terlebih dahulu dengan author yang dikehendaki.
5. Setelah create dummy author selanjutnya melakukan konfigurasi TDO Miniform melalui menu “Configure TDO Mini Forms” atau langsung Pada Menu Plugin Option di Sebelah Kiri. Isinya adalah beberapa konfig mengenai submission, Form Sesion Management, Spam Protection, User Interface,Dan Debug.



Menu TDO Mini Form

Menu TDO Mini Form



6. Form Option merupakan pilihan untuk melakukan customisasi Form antara lain Form Name, Form Deskription dan lain-lain.
7. Form Creator, berisi pilihan untuk membuat fitur apa saja yang ada pada Form, antara lain Content, Captcha sebagai proteksi terhadap spam, categories dan lain-lain.
8. Konfig lain yang perlu dipertimbangkan adalah default categori. Default categori bisa didefinisikan agar setiap posting yang di post oleh pengunjung masuk pada kategori tertentu, misalnya Iklan Baris. Dengan menambahkan Categories pada Form creator, pengunjung bisa memilih pada kategori mana dia akan melakukan posting.
9. Page creator, merupakan halaman url tempat user bisa melakukan submit iklan baris. Jika menggunakan default form maka urlnya http://domain-anda/default-form, atau jika form sudah diganti menjadi iklan baris maka urlnya http://domain-anda/iklan-baris
10. Setelah di approve oleh admin, postingan Iklan akan muncul sebagai postingan baru.

Untuk melakukan customisasi lebih lanjut, bisa melalui  Form Hacker atau melakukan editing pada file-file plugin TDO Miniform. Selamat membuat Iklan Baris.

2 Responses to “Membuat Iklan Baris Pada WordPress Dengan TDO Mini Form”

  1. fukyu says:

    mantab gan, klo gratisan ane pingin coba 😀

  2. Boges says:

    waw nice info keep share it

Leave a Reply

You must be Logged in to post comment.

© 2014 tukangsapu.web.id |Knowledge Sharing. All rights reserved.
Proudly designed by Theme Junkie.