Tanda-Tanda Berakhirnya Peradaban Suatu Bangsa

Jika kita belajar sejarah telah kita dapati bangsa-bangsa besar yang pernah ada dan berjaya pada akhirnya runtuh bahkan tidak pernah terdengar lagi selain dari buku-buku sejarah. Bangsa Mongol tentu memiliki catatan sejarah yang gilang gemilang sebelum akhirnya musnah. Sebelum sebuaha bangsa benar-benar terpuruk bahkan hilang ada beberapa gejala dan tanda-tanda yang perlu diambil pelajaran agar itu tidak terjadi dengan bangsa kita.

Tulisan ini sebenarnya saya dapat melalui sebuah milist, yang di posting pertama kali oleh Bung Deni Danasenjaya, saya sendiri tidak mengenal beliau. Saya mohon ijin untuk memposting tulisan ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi banyak orang. Berikut kutipannya:

Saya mencoba mendefinisikan kembali tanda2 berakhirnya peradaban suatu bangsa, dengan mempelajari riwayat bangsa2 yang pernah menjadi besar di dunia dan sekarang mereka hanya tinggal sejarah terpuruk dalam kemiskinan dan masalah sosial serta tidak dikenal lagi dalam percaturan global saat ini.

Sebutlah bangsa Mongolia dan bangsa Indian, setelah membaca secara mendalam sejarah kedua bangsa ini, ternyata dalam proses berakhirnya kedigjayaan mereka, terjadi tanda-tanda yang saya uraikan di berikut ini:

1. Pejabat yang tidak amanah dan suka menyalahgunakan jabatan serta kekuasaannya
2. Penegak hukum yang tidak adil
3. Korupsi, kolusi, dan nepotisme menjadi budaya
4. Agama hanya menjadi ritual kosong semata tanpa makna hakiki
5. Disiplin tinggal cerita dan informasi papan pengumuman semata
6. Etos kerja keras digantikan perilaku instant / ingin gampangnya saja
7. Sukses tidak lagi dinilai dari prosesnya tetapi dilihat hasil akhirnya semata
8. Rasa percaya diri digantikan oleh rasa rendah diri
9. Jiwa kesatria nan arif dan bijaksana digantikan oleh jiwa pecundang yang hanya memikirkan kepentingan diri sendiri atau kelompok semata
10. Hati nurani digantikan emosi dan amarah
11. Menolak hal-hal baru yang berguna untuk perbaikan dan kemajuan bangsa

Apakah bangsa Indonesia sudah memiliki tanda-tanda ini?, hanya kita yang bisa menjawab dan membuktikannya.

Mari berbuat sesuatu yang lebih baik untuk negeri tercinta ini.

2 Responses to “Tanda-Tanda Berakhirnya Peradaban Suatu Bangsa”

  1. robienbonk says:

    Betul, semua pemikiran anda itu. Apabila semua yang telah disebutkan diatas, dapat di perbaharui atau diminimalisir bahkan di hilang totalkan….niscaya lambat laun bangsa ini akan setara dengan para negara yang adidaya. tetap semangat indonesiaku….

  2. riky says:

    saya tak berani membenarkan tulisan anda, karena kebenaran mutlak tak memihak kepada saya. saya hanya bisa menyukai tulisan anda. saya sabgat setuju dengan tulisan anda, saat ini saya rasa sejarah hanyalah suatu bahan olok-olok di warung kopi. Indonesia hanyalah bangsa yang menjunjung tinggi sesuatun yang bisa di eksakta kan….dengan kata lain hanya dipandang dari sisi kuantitatif bukan kualitatif

Leave a Reply

You must be Logged in to post comment.

© 2014 tukangsapu.web.id |Knowledge Sharing. All rights reserved.
Proudly designed by Theme Junkie.