Anggrek Vanda Tricolor

ANGGREK VANDA TRICOLOR — Vanda Tricolor merupakan jenis anggrek species yang merupakan tanaman endemik di kawasan lereng Gunung Merapi. Bunga Angrek dengan warna bunga putih dengan totol-totol merah keunguan ini ,konon dulu banyak tumbuh di pohon-pohon angsana, dadap dan pohon lain di kawasan lereng Gunung Merapi. Namun sayang keberadaan anggrek Vanda Tricolor ini terancam punah semenjak erupsi merapi terjadi sejak tahun 1994 lalu. Ditambah lagi dengan erupsi-erupsi selanjutnya yang menghancurkan hutan dan anggrek vanda tricolor.

Anggrek Vanda Tricolor

Bunga Angrek Vanda Tricolor

Vanda Tricolor merapi sebenarnya hanya satu jenis diantara banyak jenis Anggrek Vanda Tricolor yang ada, misalnya Anggrek Vanda Tricolor Jawa Barat, Bali dan lain-lain. Jenis anggrek Vanda Tricolor merapi inilah yang menjadi koleksi di rumah. Koleksi  Vanda Tricolor yang berbunga ini diperoleh dari penjual tanaman hias. Setelah beberapa tahun menanti, akhirnya berbunga juga dengan indah.  Ada dua pohon lagi Vanda Tricolor yang satu split dari tetangga dan yang satu dari saudara. Namun hinga kini dua anggrek Vanda Tricolor ini belum juga berbunga. Tantangan tersendiri untuk membuat dua Vanda Tricolor ini berbunga.

Vanda Tricolor

Bunga Vanda Tricolor

Bunga Anggrek Vanda Tricolor sebenarnya cukup mudah untuk dibudidayakan, namun demikian tetap membutuhkan ketelatenan. Di habitat aslinya Vanda Tricolor merupakan tanaman epifit yang hidup menumpang pada pohon-pohon dan memperoleh makanan dari udara. Karena itu dalam menanam Anggrek Vanda Tricolor ini diupayakan seperti alam aslinya. Biasanya ditempel pada pohon hidup atau kayu lapuk. Bahkan Penanaman Vanda Tricolor dengan hanging basket merupakan cara populer. Yang Penting dalam menanam anggrek Vanda Tricolor, harus terlindung dari matahari langsung.

 

Upaya pelestarian dan konservasi Anggrek Vanda Tricolor ini telah dilakukan pasca erupsi merapi. Di alam asli jumlah anggrek Vanda Tricolor ini semakin menipis, selain karena erupsi gunung merapi juga karena habitatnya makin berkurang. Namun saya sendiri sering melihat Vanda tricolor ini tumbuh menempel di pohon-pohon pekarangan rumah penduduk terutama di kawasan Yogyakarta, Magelang dan sekitarnya. Jadi sebenarnya konservasi bisa dilakukan jika mau telaten dengan merawat Anggrek Vanda Tricolor ini.

vanda-tricolor-2

Anggrek Vanda Tricolor

 

Leave a Reply

You must be Logged in to post comment.

© 2017 tukangsapu.web.id |Knowledge Sharing. All rights reserved.
Proudly designed by Theme Junkie.