Wisata Kalibiru Spot Foto Eksotis Di Ketinggian

WISATA KALIBIRU — Nama Wisata Kalibiru makin melesat lewat media sosial yang dicitrakan menjadi spot berfoto yang paling eksotis di Indonesia. Spot foto eksotis ini adalah papan kayu yang dipasang pada pohon tinggi di puncak kalibiru. Dengan latar belakang bukit menoreh dan Waduk sermo membuat pemandangan makin memikat, seolah-olah kita berfoto melayang di udara dengan hamparan background yang sangat indah. Akan lebih menawan jika kita bisa berfoto di kala senja hari saat matahari mulai tenggelam. Tidak heran jika lokasi wisata kalibiru ini banyak diburu pecinta fotografi untuk spot berfoto. Namun anda harus sabar jika ingin berfoto di spot foto ini, karena harus antre dengan pengunjung yang lain.

Wisata Kalibiru

Spot Berfoto Wisata Kalibiru

Wisata Kalibiru yang berada Kalibiru, desa Hargowilis kecamatan Kokap, Kulon Progo memang merupakan kawasan wisata pegunungan yang berada pada kawasan bukit menoreh pada ketinggian 450 mdpl. Hawa sejuk dan pemandangan khas ala pegunungan akan disuguhkan saat pengunjung mulai memasuki kawasan Kalibiru. Ditambah lagi dengan latar waduk Sermo akan semakin memanjakan mata pengunjung.

Perjalanan menuju puncak Kalibiru cukup ekstrim, jalan terjal dan mendaki memaksa driver harus ekstra hati-hati dan memiliki skill tinggi. Kondisi kendaraanpun harus dipastikan sehat wal afiat. Selain itu jangan sampai terlena oleh keindahan pemandangan sekitar, jika memang ingin menikmati pemandangan sebaiknya berhenti terlebih dahulu. Meski akses jalan menuju Kalibiru sudah beraspal bagus, namun jalannya sempit. Beruntung sekarang pengelola Wisata Kalibiru sudah menyiapkan personel untuk membantu kendaraan wisatawan, sehingga terhindar berpapasan pada area yang sempit dan sulit.

Gerbang Menuju Kalibiru

Gerbang Menuju Kalibiru

Kalibiru Dari Hutan Tandus Menjadi Wisata Eksotis

Kalibiru kini menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan, tidak hanya dari dalam negeri tetapi juga luar negeri. Tidak hanya spot berfoto yang menawan, wisata Kalibiru menawarkan berbagai jenis wisata alam seperti outbound dan Tracking, jaring laba-laba, jembatan gantung, berjalan diatas tali dan juga flying fox di atas ketinggian pegunungan.

Wisata kalibiru berada pada lahan milik Perhutani yang merupakan Hutan Negara di Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Namun keberadaan hutan negara tersebut sangat memprihatinkan karena sangat tandus dan tidak terawat. Upaya pengelolaan hutan negara sudah dilakukan namun tetap saja gagal. Hingga akhirnya Pengelolaan Hutan diserahkan kepada Kelompok Tani di kawasan Kalibiru dalam bentuk izin pemanfaatan Hutan Kemasyarakatan. Izin ini diberikan selama 35 tahun mulai tahun 2007 dan dimanfaatkan sebagai Hutan Wisata.

Dengan Pengelolaan Hutan Wisata ini kini Wisata Kalibiru berkembang dan banyak dikunjungi wisatawan. Tidak hanya pada hari libur saja, pada hari-hari biasa, pengunjung kalibiru juga membeludak. Dan kini berkat keberhasilan pengelolaan Hutan Kemasyarakatan, Kalibiru menjadi percontohan pengelolaan Hutan Wisata di Indinesia

Fasilitas Wisata Kalibiru

Sebagai kawasan wisata petualangan , Wisata Kalibiru menyajikan berbagai fasilitas untuk para pengunjung. Beberapa fasilitas kegiatan Outbound tersedia disana seperti Tracking, jaring laba-laba, jembatan gantung, berjalan diatas tali dan juga flying fox . Selain fasilitas tersebut tentunya spot untuk berfoto di atas pohon. Dulunya spot berfoto ini hanya satu lokasi saja di puncak kalibiru. Seiring dengan permintaan yang besar, kini ada 3 spot foto di Kalibiru. Semuanya memiliki pesona eksotis dengan latar belakang waduk sermo.
Bagi anda yang ingin bermalam dan menikmati sunyinya suasana pegunungan anda bisa bermalam di kawasan kalibiru. Terdapat pondokan sederhana dengan bangunan khas pedesaan yang bisa anda sewa untuk bermalam, harganya pun cukup murah dan terjangkau.

Jembatan Tali Kalibiru

Jembatan Tali Kalibiru

Fasilitas lain adalah ada lounge untuk bersantai, kemudian arepa bermain berupa ayunan di puncak bukit juga gardu pandang tempat pengunjung bisa bersantai menikmati indahnya pemandangan dari puncak Kalibiru. Lelah berjalan-jalan di bukit Kalibiru anda tidak perlu cemas dan tidak perlu membawa bekal sendiri, karena dari mulai pintu masuk hingga puncak Kalibiru banyak berjajar warung makan yang harganya sangat terjangkau. Anda bisa menikmati bersantap makanan diiringi semilir angin pegunungan.

Route Menuju Wisata Kalibiru

Nah penasaran dengan Wisata Kalibiru, anda bisa mengunjungi Kalibiru dari beberapa arah. Tentunya untuk menuju ke Kalibiru anda perlu membawa kendaraan sendiri, baik itu roda dua ataupun mobil, karena belum ada angkutan umum lewat sana. Yang penting kendaraan harus fit dan prima.
Berikut Rute Alternatif menuju Kalibiru :
Rute Pertama :
Dari arah Yogyakarta —- Kota Wates, Kulonprogo — Selanjutnya menuju ke lokasi Waduk Sermo Lewat RSUD Wates — Dari Waduk Sermo sudah ada Papan Petunjuk ke lokasi Puncak Kalibiru.

Rute Kedua :
Alternatif Lain Menuju Kalibiru adalah melewati Clereng , Pengasih Kulonprogo. Jika dari arah Yogyakarta Lokasi ini sebelum kota Wates.
Yogyakarta — Sentolo —Pasar aClereng — Kalibiru.
Menurut Penulis rute ini lebih dekat, namun lebih terjal dan lumayan ekstrim

Leave a Reply

You must be Logged in to post comment.

© 2017 tukangsapu.web.id |Knowledge Sharing. All rights reserved.
Proudly designed by Theme Junkie.