Punthuk Setumbu Pesona Selimut Kabut dan Matahari Terbit

WISATA PUNTHUK SETUMBU BOROBUDUR — Riuh kokok ayam di pagi buta belum usai, suara adhan subuh juga baru berlalu, namun keriuhan sudah terjadi di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Magelang. Di situlah para wisatawan berkumpul dan memarkir kendaraan untuk menuju Punthuk Setumbu. Tempat keindahan matahari pagi dan selimut kabut yang mengitari Candi Borobudur yang serasa berada pada negeri di atas awan. Karena itu lokasi Punthuk Setumbu juga dikenal dengan Nirwana Sunrise.

Mentari Pagi dari Punthuk Setumbu

Mentari Pagi dari Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu merupakan destinasi wisata yang makin populer di kawasan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Awalnya Punthuk setumbu hanya dikenal oleh beberapa pecinta fotografi, namun kini banyak wisatawan mengenal Punthuk Setumbu. Popularitasnya makin meningkat setelah digunakan untuk shooting film AADC 2.

Yang menarik dari Punthuk Setumbu ini adalah pemandangan alam yang memukau. Pengunjung bisa menikmati matahari terbit yang sangat indah dari puncak bukit. Tidak hanya itu balutan kabut di sela-sela perbukitan dan candi Borobudur menjadi daya pikat yang tidak bisa dijumpai di tempat lain. Berdiri di atas Bukit Punthuk Setumbu, kita juga bisa menyaksikan Matahari terbit di antara dua Gunung Besar Merbabu dan Merapi. Sungguh perpaduan yang amat menakjubkan memanjakan mata dan spot berfoto yang bagus.

Spot Foto Punthuk Setumbu

Lokasi Berfoto Punthuk Setumbu

Ada lagi objek foto menarik, dengan background pegunungan Menoreh dan Puncak Suroloyo di sebelah selatan yang terlihat indah keemasan saat terkena matahari pagi. Dengan background ini pula, pengunjung dapat berfoto pada lokasi yang telah disediakan. Fasilitas ini gratis disediakan untuk pengunjung berikut petugas yang siap mengambilkan gambar. Namun anda harus antri, karena baru satu spot foto tersedia sedangkan yang ingin berfoto sangat banyak.

Agar bisa menikmati matahari pagi, pengunjung memang harus datang pagi-pagi buta di Punthuk Setumbu. Waktu yang tepat adalah saat matahari belum muncul, sekitar jam 05.00 pagi, atau lebih pagi lagi saat matahari muncul lebih cepat. Lebih bagus lagi jika datang pada saat cuaca cerah, biasanya disarankan pada musim kemarau.

Untuk menuju Punthuk Setumbu anda harus menggunakan kendaraan sendiri baik mobil ataupun sepeda motor. Dari arah Candi Borobudur Punthuk Setumbu berada di sebelah Barat Daya. Jika anda datang dari Yogyakarta, sebelum pintu masuk Candi Borobudur, belok ke kiri, kemudian ada perempatan belok ke kanan ikuti saja tanda petunjuk, kurang lebih 3 km anda masuk Desa Karangrejo. Pada pintu masuk punthuk Setumbu pengunjung dikenakan tiket masuk Rp.15 ribu per orang.

Dari Desa Karangrejo ini anda harus berjalan kaki menuju Punthuk Setumbu, dengan jarak sekitar 300 meter. Jangan khawatir meski jalanan menanjak, namun sudah dibuat tangga dengan semen, sehingga lebih mudah dan nyaman. Jika kebetulan parkir cukup jauh anda bisa naik ojek dengan tarif Rp 10 ribu per motor.

Gereja Ayam Punthuk Setumbu

Lokasi lain yang bisa dikunjungi selain Sunrise Punthuk Setumbu adalah Gereja Ayam. Meski sebenarnya Gereja ayam ini berada di bukit yang berbeda, namun jarak dengan Punthuk Setumbu sekitar 300 meter saja. Namun anda harus berhati-hati karena dari Punthuk Setumbu ke Gereja Ayam ini harus melewati jalan setapak dan belukar. Apalagi di musim penghujan jalanan licin namun menawarkan sensasi wisata alam ala penjelajah rimba.

Gereja Ayam Punthuk Setumbu

Gereja Ayam Punthuk Setumbu

Jika anda ragu untuk melewati sendiri, ada pemandu yang siap mengantarkan anda dari Punthuk Setumbu menuju gereja ayam. Sang Pemandu juga siap membawakan perbekalan atau menggendong jika anda tidak kuat.

Di Gereja Ayam ini anda bisa memasuki ruangan bahkan sampai kepala ayam untuk berfoto dan menikmati pemandangan. Untuk memasuki Gereja ayam pengunjung dikenakan tarif masuk Rp.10 ribu rupiah. Anda bebas menikmati pemandangan dan dibantu untuk berfoto. Meski namanya Gereja, namun tidak terlihat adanya aktivitas keagamaan di situ.

gereja-ayam-Punthuk-Setumbu

Bagian Dalam Dari Gereja Ayam Punthuk Setumbu

Jika anda tidak membawa bekal, jangan khawatir karena di Punthuk Setumbu maupun Gereja Ayam banyak orang berjualan makanan dan minuman. Mulai dari air mineral, Mie instan, kopi,teh dan makanan ringan.

punthuk-setumbu-borobudur

Sunrise Punthuk Setumbu Borobudur

Leave a Reply

You must be Logged in to post comment.

© 2017 tukangsapu.web.id |Knowledge Sharing. All rights reserved.
Proudly designed by Theme Junkie.