Embung Banjaroya Penyangga Kehidupan Durian Menoreh

EMBUNG BANJAROYA — Berada di ketinggian punggung pegunungan menoreh membuat Embung Banjaroya memiliki pesona tersendiri. Meski fungsi utamanya adalah untuk penampungan air hujan namun karena keindahan alam sekitarnya membuat Embung Banjaroya ini menjadi destinasi wisata menarik di ujung Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Embung Banjaroya yang juga dikenal dengan nama Waduk Mini Banjaroya , Kalibawang ini kini ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai lokasi.

embung-banjaroya

Tugu Durian Kuning Menoreh Di Embung Banjaroya

Berlokasi di Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta , Embung Banjaroya atau Waduk Mini Banjaroya digunakan untuk menampung air pada saat musim penghujan. Selanjutnya pada musim kemarau air Embung Banjaroya dimanfaatkan untuk mengairi kebun Durian Kuning Menoreh dan juga lahan pertanian lain.

Waduk Mini Banjaroya atau Embung Banjaroya ini memiliki kapasitas 8 sampai dengan 10 ribu meter kubik air dengan luas 60 x 80 meter. Kapasitas tersebut mampu mengairi lahan kebun Durian menoreh hingga 30 ha. Waduk yang diremikan oleh Gubernur DIY pada 28 Februari 2014 ini kini menjadi penyangga bagi Kebun Durian Kuning Menoreh yang super lezat.

Kehadiran Embung Banjaroya ini kini terbukti tidak hanya bermanfaat bagi perkebunan Durian Kuning Menoreh, tetapi juga menjadi ikon pariwisata baru di Kawasan Kulonprogo. Dari kawasan Embung Banjaroya ini kita bisa menyaksikan Gunung Merbabu dan Merapi pada saat cuaca cerah. Di pagi hari pengunjung dapat dimanjakan oleh indahnya sunrise dari sebelah timur. Jika sedang berkabut, kabut pagi yang menyelimuti punggung bukit menoreh menjadi daya tarik tersendiri.

embung Banjaroya

Penampakan Merapi dan Merbabu Dari Embung Banjaroya

Bagi anda para goweser, rute ke arah Embung Banjaroya ini cukup menantang. Tanjakan yang lumayan tajam cukup bisa menguji seberapa kuat anda menggenjot sepeda. Meski banyak yang harus menuntun sepeda, namun rute sepeda ke arah Embung Banjaroya ini semakin banyak diminati para goweser. Meski jalanan menanjak, anda tidak perlu khawatir karena jalanan ke arah Waduk Mini Banjaroya ini sangat mulus, baik untuk dilalui sepeda motor maupun mobil. Namun anda harus hati-hati karena jalanan berliku dan banyak tikungan tajam.

sunrise-waduk-mini

Sunrise Di Waduk Mini Banjaroya, Kalibawang

Rute Ke Waduk Mini Banjaroya

Nah bagi anda yang berminat mengunjungi waduk Mini Banjaroya ini bisa mengambil route sebagai berikut:
Dari Yogyakarta –> Jl Godean — Kenteng–Jalan Nanggulan — Rest Area Bendo Belok Kiri Sekitar 3 Km.

Dari Arah Magelang –> Jl Muntilan Klangon — Pasar Klangon — Rest Area Bendo Belok Kanan 3 km.
Atau Ada jalur Alternatif Magelang –> Borobudur –> Sambeng (lewat tepi sungai progo jalanan berkelok tapi asoy) –> Pasar Jagalan –> Pasar Klangon — Rest Area Bendo Belok Kanan 3 km.

Mau berwisata sambil berburu Durian? Tidak salah jika anda menuju Embung Banjaroya ini. Di sepanjang perjalanan akan banyak orang menjajakan durian kuning yang lezat.

Leave a Reply

You must be Logged in to post comment.

© 2017 tukangsapu.web.id |Knowledge Sharing. All rights reserved.
Proudly designed by Theme Junkie.