Jalan Jalan Ke Waduk Sermo

Dermaga Waduk Sermo

Dermaga Waduk Sermo

Waduk Sermo, itulah nama Waduk yang berada di ketinggian Bukit Menoreh, tepatnya di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap Kabupaten Kulonprogo, kurang lebih 5 km di sebelah barat kota Wates. Sejak diresmikan pada tanggal 20 November 1996 oleh Presiden Soeharto, waduk Sermo menjadi penyangga air bagi pertanian di bawahnya sekaligus objek menjadi wisata yang menarik. Panorama yang disajikan waduk sermo sangat indah diselimuti hawa yang sejuk dan angin yang berhembus segar menambah kenikmatan bersantai di pinggir Waduk Sermo.

Waduk Sermo sendiri menurut Pemkab Kulonprogo memiliki luas genangan kurang lebih 157 Ha dengan keadaan air yang jernih membiru serta bentuknya yang berkelok-kelok menyerupai jari tangan dengan latar belakang perbukitan menoreh yang hijau. Wisatawan dapat menikmati panorama waduk dengan berkeliling menggunakan perahu wisata atau melewati jalan lingkar aspal sepanjang 21 km. Selain sebagai obyek wisata yang nyaman, pengunjung bisa memancing di area waduk. Banyak ragam ikan yang ada di Waduk Sermo, tetapi kebanyakan pemancing mendapatkan Ikan Nila. Meski pengunjung bebas memancing di Waduk Sermo ada kawasan-kawasan tertentu yang dilarang karena berbahaya.

 


Pintu Air Waduk Sermo

Pintu Air Waduk Sermo


Perjalanan menuju ke waduk Sermo dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua dan roda empat. Karena lokasinya yang berada di bukit jalanan menanjak dan berkelok-kelok namun cukup menyenangkan. Rute termudah adalah dari Kota Wates — RSUD Wates ke arah barat selanjutnya ikuti saja papan petunjuk. Bagi yang tidak membawa kendaraan sendiri ada angkutan Umum yang melayani rute Wates — Kokap, akan tetapi angkutan ini tidak masuk sampai Lokasi Waduk Sermo, anda harus turun sebelum pintu gerbang Waduk Sermo. Retribusi masuk Waduk Sermo juga cukup murah hanya seribu rupiah per orang dan parkir roda 2 seribu rupiah juga, untuk mobil dua ribu rupiah.

 


Pemandangan Waduk Sermo

Pemandangan Waduk Sermo


Meski pemandangan dan suasana Waduk Sermo cukup eksotik tetapi sangat disayangkan minim warung makan yang cukup lengkap. Hanya ada beberapa warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman ala kadarnya. Jika hanya sekedar untuk melepas dahaga dan mengganjal perut mungkin sudah cukup, tetapi untuk wisata kuliner masih kurang.

 


View Lain Waduk Sermo

View Lain Waduk Sermo


8 Responses to “Jalan Jalan Ke Waduk Sermo”

  1. nanang says:

    Wah…matatih om…,,, sudah mampir mempromosikan waduk sermo….. salam tuk semua.,,,ditunggu aja investasinya buat warung..he

  2. abang says:

    Nice info gan..
    Menuju kesana secepatnya.
    Naik motor.

  3. Tasya says:

    saya juga bis dari sana ama temen” kul oq pak,,,
    lumayan bagus, tp kalo orang tua diajak piknik k sana pasti ga da yang suka.
    hehehe….

  4. danang depe says:

    wah lbh asik lg klo ada warung apung semacam rawa jombor di klaten… bs jd tujuan utama kulon progo pastinya…

  5. arif rochmat yunanto says:

    sy pnya bnyk saudara di waduk sermo….kakek,nenek warga asli hargowilis.areal yang menjadi panorama air sekarang ini salah satunya merupakan tanah tempat kelahiran dan tempat beraktifitas bertani kakeku.
    coment sy tentang waduk sermo….
    potensi alam memang bagus……tapi… pengembangan pariwisata belum maksimal.
    semoga kedepan waduk sermo semakin menakjubkan….

    dwi Reply:

    arif betul……. inget mancing nila dulu

  6. wah padahal tadi lewat lohh,,
    ta[i gak bisa mampir.
    mungkin lain waktu yah

  7. ringgo says:

    semoga pemerintah semakin serius menjadikan waduk sermo menjadi objek wisata karena tempat ini memiliki potensi yng besar…nice post…salam…

Leave a Reply

You must be Logged in to post comment.

© 2014 tukangsapu.web.id |Knowledge Sharing. All rights reserved.
Proudly designed by Theme Junkie.