Tips Mengembalikan Themes WordPress Gagal Update

MENGEMBALIKAN THEMES WORDPRESS GAGAL UPDATE — Beberapa kejadian bisa dialami saat melakukan Update Themes yang terkadang tidak support dengan plugin atau bahkan core wordpress. Tampilan bisa menjadi blank atau terdapat error tertentu, bisa juga dijumpai mode maintenance yang tidak kunjung hilang. Solusinya biasanya orang langsung load backup data lama sehingga akan pulih seperti semula. Namun sebenarnya kita bisa mengembalikan themes wordpress yang gagal update ke kondisi semula tanpa harus load backup file dan database lama.

Cara sederhana dalam mengembalikan themes wordpress yang gagal update adalah dengan merecover data konfigurasi yang tersimpan dalam salah satu tabel pada database wordpress. Dengan login melalui cpanel kita bisa mengakses database melalui phpmyadmin. Karena konfigurasi wordpress termasuk themes yang kita pilih ada pada tabel wp_option. Kita tingal mengubah melalui database ini, persoalan akan beres.
Berikut langkah-langkah recover problem pada wordpress karena gagal update themes:
1. Login Cpanel
Ini diasumsikan wordpress diinstall pada server hosting yang biasanya menggunakan Cpanel. Jika menggunakan tool lain bisa disesuaikan.
2. Masuk pada bagian phpmyadmin dan pilihlah Database tempat wordpress anda.
Sekali lagi ini jika worpress anda menggunakan andministrator database phpmyadmin, jika pake yang lain atau bahkan console, bisa disesuaikan.
3. Selanjutnya pilih tabel wp_options
Pada menu bagian atas klik browse dan selanjutnya klik Show All pada opsi yang tersedia.

wordpress-options-table
4. Cari baris template dan Stylesheet
Bada baris tersebut lihat value nya akan ada nama themes yang dipakai. Ganti saja dengan themes default bawaannya wordpree misalnya twentythirteen. Demikian juga pada bagian Stylesheet ganti juga dengan twentythirteen. Kemudian klik Go.

wordpress-memilih-baris

Sampai di sini themes wordpress yang gagal update sudah dikembalikan ke themes default, yang kompatible dengan berbagai plugin dan core wordpress. Selanjutnya anda bisa login ke admnistrator wordpress dan melakukan manajemen themes seperti biasa.

Kadang-kadang erroryang terjadi saat update themes wordpress adalah Under Maintenance mode yang tidak berkesudahan. Jika ini yang terjadi anda bisa mendelete file .maintenance.php dari direktori web anda. Melalui cpanel biasanya tidak terlihat, bisa dilihat dengan filezille ftp client atau langsung lewat konsole, jika anda bisa akses ssh.

Leave a Reply

You must be Logged in to post comment.

© 2017 tukangsapu.web.id |Knowledge Sharing. All rights reserved.
Proudly designed by Theme Junkie.