Wisata Lava Tour Merapi

WISATA LAVA TOUR MERAPI — Pengen berwisata yang tidak biasa-biasa saja, mungkin anda bisa menjajal wisata ekstreem yang satu ini. Wisata Lava Tour Merapi, sesuai dengan namanya paket Wisata di Yogyakarta ini adalah wisata petualangan menyusuri bekas lahar Gunung Merapi beberapa tahun lalu. Wisata Lava Tour Merapi ini bisa dikatakan sebagai Wisata Minat khusus, karena tidak semua orang bernyali dan mau untuk menjajal Wisata Lava Tour ini. Meski cukup extreem Wisata Lava Tour ini dijamin akan membuat anda puas dan fresh setelah berwisata.

Wisata Lava Tour merapi ini adalah Wisata Petualangan menggunakan mobil jeep kuno. Menyusuri kawasan di sekitaran Lereng gunung merapi,anda akan dimanjakan oleh pemandangan alam lereng pegunungan yang indah dan menyegarkan. Tidak hanya itu udara sejuk pegunungan akan membuat anda makin senang dengan perjalanan wisata lava tour ini.

Yang lebih asyik dari Wisata Lava Tour merapi ini , anda bisa menyaksikan sisa-sisa kedahsyatan letusan Gunung Merapi di tahun 2010 lalu. Dalam Wisata Lava Tour merapi ini pengunjung diajak menaiki jeep menyusuri jalur-jalur bekas lahar, sampai lokasi bungker kaliadem di lereng merapi.

IMG_20160312_131902

Selain berwisata bernuansa petualangan, di wisata Lava Tour Merapi ini pengunjung juga akan diajak singgah di beberapa lokasi Museum Harta Bendaku, yang merupakan rumah korban Erupsi Gunung Merapi. Pemandu biasanya akan memberikan penjelasan mengenai erupsi tahun 2010 dan beberapa cerita mengenai hal tersebut. Di akhir perjalanan pengunjung akan diajak menceburkan diri bersama Jeep di Kalikuning.

Rute Dan Tarif Lava Tour Merapi

Jika anda tertarik untuk melakukan perjalanan Wisata Petualangan Lava Tour Merapi ini, anda bisa memulai dari beberapa posko mulai dari Pakem hingga di kawasan Wisata Kaliurang. Anda tinggal memilih posko yang mana, namun jika musim liburan anda harus siap mengantre, karena terkadang kehabisan kendaraan. Satu jeep bisa diisi 4 orang dewasa, bisa nambah sih kalau penumpangnya badannya kecil-kecil.Untuk operasional Wisata Lava Tour Merapi ini dimulai pada jam 07.00 sampai dengan jam 16.00 WIB.
Biasanya untuk tarif Wisata Lava Tour Merapi ini bervariasi tergantung pada route dan lamanya waktu kita berwisata. Berikut ini Route dan Tarif untuk Wisata LAva Tour Merapi ini:
1. Rute Pendek Lava Tour Merapi , Tarifnya adalah Rp.350.000,-/Jeep, Lama 1.5 Jam
Untuk Rute pendek Wisata Lava Tour Merapi ini adalah Kaliurang – Desa Tangkisan – Melewati makam masal, Tugu Ambruk kedai Kopi merapi – Gumuk Ball- Desa Wisata petung, Museum Sisa harta, Desa Jambu- Batu Wajah atau Batu Alien , Menyusuri Hutan Soga menuju Kali adem- bungker kali adem-Bermain Air di Kali kuning.
2. Rute menengah Rp. 450.000,/Jeep Lama 2.5 Jam
Rute Menengah Wisata Lava Tour Merapi berangkat dari Kawasan Wisata Kaliurang – Desa Tangkisan – Melewati makam masal, Tugu Ambruk kedai kopi merapi – Gumuk Ball- Desa Wisata petung, Museum Sisa harta, Menuju Desa jambu- Batu Wajah atau Batu alien , Menyusuri Hutan Soga menuju Kali adem- bungker kali adem- Singgah di kampung Mbah Maridjan -Bermain Air di Kali kuning.
3. Rute Panjang Rp. 650.000,- Lama 4 sampai 5 jam
Wisata Lava Tour Merapi Rute Panjang Dimulai dari Kaliurang – Desa Tangkisan – Melewati makam masal, Tugu Ambruk kedai kopi merapi – Gumuk Ball- Desa Wisata petung, Museum Sisa harta, Menuju Desa jambu- Batu Wajah atau Batu alien , Menyusuri Hutan Soga menuju Kali adem- bungker kali adem- Singgah di kampung Mbah Maridjan – Menyeberangi Sungai Gendol- Singgah Di makam Mbah Maridjan, Bermain Air di Kali kuning.
4. Paket Sunrise Merapi Lava Tour Rp. 450.000,-/Jeep.
Ada lagi paket menarik dari Wisata Lava Tour Merapi ini, yaitu Paket Sunrise. Anda akan bisa menyaksikan indahnya matahari terbit dari lereng merapi dengan catatan cuaca cukup cerah dan mendukung. Paket Lava Tour ini dimulai lebih pagi yaitu dari jam 04.30 harus sudah mulai.

lavatour-merapi

Yang Perlu Disiapkan Dalam Wisata Lava Tour Merapi

Nah, jika anda pertarik untuk wisata Lava Tour merapi ini, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan antara lain :
Persiapan Fisik
Karena anda akan digunjang-gunjang di dalam jeep selama perjalanan, maka anda harus siap fisik sebelumnya. Sesudahnya juga persiapan fisik untuk ke tukang pijit.
Persiapan Masker dan Kacamata
Bekas aliran lava dan lahar cukup membuat jalanan berdebu, terlebih lagi saat musim kemarau. Dengan mobil jeep terbuka anda perlu persiapan masker dan kacamata.
Jas Hujan
Ini perlu anda persiapkan jika lava tour dilakukan saat musim penghujan, meski jeep sudah dilengkapi terpal penutup yang bisa ditutup saat hujan, namun tidak ada salahnya anda melindungi diri dengan jas hujan. Apalagi jika anda membawa perangkat elektronik seperti kamera atau handphone.

Nah itulah sekelumit cerita Wisata Petualangan Lava Tour Merapi, menarik bukan? rasanya anda perlu mencobanya agar lebih seru.

Leave a Reply

You must be Logged in to post comment.

© 2017 tukangsapu.web.id |Knowledge Sharing. All rights reserved.
Proudly designed by Theme Junkie.