Desa Wisata Batik Giriloyo

Bosan dengan wisata yang biasa-biasa saja,mungkin anda perlu mencoba mengunjungi Desa Wisata Batik di Giriloyo. Sebagai sebuah sentra Industri Batik, Giriloyo bisa dibilang cukup terpencil, namun dibalik lokasi yang terpencil tersebut sangat kaya akan budaya dan tentu saja suasana yang menyenangkan. Berlokasi di perbukitan DusunĀ  Giriloyo,Wukirsari Imogiri ,Bantul ,Yogyakarta , kerajinan batik memang sudah mendarah daging dan dilakukan secara turun temurun oleh warga di sana. Namun menurut salah seorang warga kerajinan Batik tulis Giriloyo semakin dikenal pasca gempa hebat tahun 2006 silam. Barangkali ini berkah dibalik bencana .

Dijadikannya Giriloyo sebagai desa wisata batik dibarengi dengan dijadikanya Dusun Pucung, Desa Wukirsari sebagai sentra kerajinan kulit. Pada musim libur panjang Desa Giriloyo banyak dikunjungi wisatawan yang tidak hanya sekedar ingin membeli batik tulis yang eksotis namun juga belajar bagaimana membuat batik tulis.

Untuk mendukung Giriloyo sebagai Desa wisata Batik tulis, pada awalnya telah disiapkan sekitar 10 rumah warga yang dipergunakan untuk penginapan bagi wisatawan. Bagi anda yang berminat bewisata anda bisa keliling dusun yang berhawa sejuk dan pemandangan indah sepanjang perjalanan selain itu anda dapat belajar membatik dengan instruktur para perajin setempat.

Pembatik Tulis Giriloyo(Photo Giriloyo Batik)

Selain wisata batik di Giriloyo, anda dapat pula menikmati sajian kuliner khas Imogiri, yaitu yaitu wedang uwuh dan pecel kembang turi. Uwuh dalam bahasa Indonesia jika diterjemahkan adalah sampah, namun sampah pada wedang uwuh berasal dari campuran herbal dan rempah-rempah sehingga bisa menyegarkan dan menyehatkan badan.

Filosofi Batik Tulis Giriloyo

Yang menjadi daya tarik Batik Tulis Giriloyo adalah nilai budayanya, yang merupakan batik khas kraton Yogyakarta. Batik tulis Girilioyo sarat dengan nilai-nilai budaya dan pelajaran , yang pada dapat dijadikan sebagai acuan dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai yang terkandung pada Batik Tulis Giriloyo adalah kesakralan, keindahan/seni, ketekunan, ketelitian dan kesabaran.

Nilai kesakralan tercermin dalam motif-motif tertentu yang hanya boleh di pakai oleh Sultan dan keluarganya, nilai keindahan tercermin dari motif ragam hiasnya yang dibuat sedemikian rupa sehingga memancarkan keindahan, sedangkan nilai ketekunan , ketelitian dan kesabaran tercermin dari proses pembuatannya yang cukup menyita waktu yang panjang dan lama untuk menghasilkan sebuah batik Tulis yang bagus dan menarik yan disukai oleh banyak orang.

Nah Jika anda tertarik untuk berwisata di Desa Wisata Giriloyo, anda bisa menempuh Rute dari Yogyakarta, Jalan Imogiri Timur, Sebelum Masuk Pusat Kota Imogiri belok Ke kiri sekitar 3 km. Jika anda ambil Jalan ke kanan maka masuk Giriloyo sedangkan jika ambil jalan ke kiri akan masuk Dusun Pucung sebagai pusat kerajinan Kulit.

Leave a Reply

You must be Logged in to post comment.

© 2014 tukangsapu.web.id |Knowledge Sharing. All rights reserved.
Proudly designed by Theme Junkie.