Tips Training ITSM Berbasis ITIL Framework

TIPS TRAINING IT SERVICE MANAGEMENT BERBASIS ITIL FRAMEWORK — Terkadang bagi pengambil keputusan mengalokasikan anggaran untuk belanja IT menjadi persoalan tersendiri, karena dianggap terlalu mahal dan manfaatnya belum dirasakan. Di dalam ITSM (Information Technology Service Management) atau Manajemen Layanan Teknologi Informasi) pengelolaan Teknologi Informasi dipusatkan pada perspektif konsumen,sehingga layanan IT bisa diselaraskan dengan kebutuhan bisnis sekarang dan akan datang.

Salah satu cara paling mudah untuk menerapkan ITSM adalah dengan mengadopsi dari Best Practice yang sudah teruji kehandalannya. Salah satu Framework dalam ITSM adalah ITIL atau IT Infrastructure Library yang merupakan sebuah kerangka best practice untuk memanage layanan-layanan TI yang terintegrasi dan berbasiskan proses.

Singkatnya di dalam ITIL ini ada 5 siklus proses di dalam implementasi IT Service Management. Masing-masing proses ada beberapa aktivitas yang semuanya saling berkaitan datu dengan yang lain. Biasanya ITIL ini berguna bagi anda Manager IT atau anda yang mempersiapkan menjadi Manager IT. Meski demikian siapapun bisa memperlajari ITIL ini, kalau mau belajar sendiri ada banyak resource yang bisa dipelajari. Namun bagi yang ingin Training ITIL banyak juga lembaga yang menyelenggarakan training ITIL.

ITIL-certification

Tingkatan Sertifikasi ITIL

Tingkat Sertifikasi ITIL

Jika anda tertarik Training ITIL, ada beberapa tingkatan sertifikasi dalam ITIL ini, yaitu :
1. ITIL Foundation
2. ITIL Intermediate Level
3. ITIL Expert
4. ITIL Master
Detail masing-masing tingkatan sertifikasi bisa dilihat di webnya ITIL. Bagi anda yang tertarik Training ITIL , saya akan berbagi pengalaman waktu saya ambil ITIL Foundation.

Training ITIL untuk Foundation ini dilaksanakan dalam 3 hari berikut exam-nya. Jadi melahap materi 5 siklus proses ITIL dalam waktu 3 hari saja rasanya berat. Maka sebelum training ITIL sebaiknya sempatkan membaca-baca terlebih dahulu materinya. Apalagi nanti dapat trainer yang pakai bahasa inggris makin runyam kalau tidak siap.
Exam dalam Training ITIL terdiri atas 40 pertanyaan Check Point dan peserta minimal harus menjawab dengan benar 60% atau 24 jawaban benar. Banyak latihan mengerjakan soal sebelum training dimulai akan menolong anda lolos sertifikasi ITIL. Ujian ada yang online atau paper based. Kalau online biasanya hasil bisa langsung diketahui, kalau paper based butuh waktu sekitar seminggu. Sebelum ujian yang sebenarnya peserta akan diberikan kesempatan untuk mencoba exam terlebih dahulu.

Pilih tempat Training yang sudah terakreditasi Internasional. Meski mungkin materinya sama namun kalau lembaga trainingnya terakreditasi Internasional akan lebih mantab. Tentu saja berbeda lembaga training ITIL berbeda biaya. Kalau yang akreditasi internasional jelas lebih mahal. Saya pernah mendapat tawaran dengan selisih harga 3 juta rupiah.

Nah itu sedikit tips Training ITIL. Semoga sukses.

Leave a Reply

You must be Logged in to post comment.

© 2017 tukangsapu.web.id |Knowledge Sharing. All rights reserved.
Proudly designed by Theme Junkie.