Perbaikan Berkelanjutan Deming Cycle

PERBAIKAN BERKELANJUTAN DEMING CYCLE PDCA — Perbaikan berkelanjutan tidak hanya berlaku pada proses manufaktur sebuah perusahaan, tetapi berlaku juga dalam setiap bidang kehidupan. Hal baik saat ini belum tentu relevan untuk masa depan, atau hal baik hari ini harusnya menjadi lebih baik di masa depan. Intinya adalah bahwa perbaikan itu selalu berkelanjutan, sehingga hidup kita selalu meningkat kualitasnya. Salah satu pendekatan dalam perbaikan berkelanjutan adalah model Deming Cycle atau sering disebut PDCA (Plan-DO-Check-Act).
deming-cycle-pdca
Model Perbaikan berkelanjutan Deming Cycle atau PDCA adalah proses yang berulang untuk menjamin sebuah layanan atau produk selalu mengalami peningkatan atau perbaikan. PDCA adalah sebuah aktivitas yang direncanakan,dilaksanakan dan terukur hasilnya, serta ada tindak lanjut dari hasil yang dicapai.

Di dalam ITIL, pada siklusi Continual Service Improvement (CSI), Deming Cycle dipakai sebagai upaya meningkatkan kualitas layanan yang berkelanjutan.Beberapa aktivitas Deming Cycle adalah sebagai berikut :
1. PLAN
Langkah pertama dalam siklus ini adalah mempersiapkan sebuah rencana yang akan mempertimbangkan semua kemungkinan kombinasi hasil, risiko, persyaratan sumber daya yang diperlukan dan lain sebagainya.
2. DO
Menjalankan langkah-langkah yang sudah direncanakan
3. Check
Melakukan Perbandingan hasil yang dicapai dengan yang telah ditetapkan dalam tahap Rencana. Perbandingan menentukan apakah masih ada kesenjangan antara rencana dan hasilnya, jika masih ada diperlukan proses perbaikan. Menganalisis apa lagi yang bisa dilakukan untuk membuat output menjadi lebih baik.
4. ACT
Proses keputusan untuk menentukan apakah tindakan lebih lanjut diperlukan untuk menutup kesenjangan yang ada, alokasi sumber daya yang diperlukan untuk mendukung perbaikan. Keputusan dalam fase ini menjadi masukan untuk putaran siklus berikutnya(Plan-Do-Check-Act) demikian seterusnya.

You may also like...

Leave a Reply