Pemandian Air Hangat Candi Umbul Magelang

PEMANDIAN AIR PANAS CANDI UMBUL MAGELANG — Wisata air menjadi salah satu wahana yang menarik minat wisatawan tua maupun muda. Jika kebetulan anda berwisata ke Magelang ada satu tempat wisata Pemandian Air Hangat, yaitu Pemandian Candi Umbul. Berlokasi di desa Kartoharjo, kecamatan Grabag, kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pemandian Candi Umbul lokasinya menjadi objek wisata mudah meriah. Sesuai dengan namanya Pemandian Air hangat Candi Umbul Grabak merupakan pemandian yang berlokasi satu komplek dengan situs Sejarah Candi Umbul. Meskipun bentuk Candi Umbul hanya berupa batu berserakan, namun sisa-sisa sejarah masih terlihat di situ. Pemandian Air hangat ini menjadi pelengkap destinasi wisata lain di Magelang seperti Borobudur dan Sunrise Punthuk Setumbunya.

pemandian-candi-umbul1

 

Di kawasan Candi Umbul tersebut terdapat dua kolam air hangat yang dibatasi oleh batu-batu andesit. Air kolam yang jernih dan hangat tersebut konon merupakan tempat mandi para putra dan putri bangsawan pada jaman Syailendra. Berbeda dengan kolam air hangat lainnya kolam di Pemandian Candi Umbul ini tidak tercium bau belerang, sehingga cukup nyaman buat berendam berlama-lama.

Mandi di pemandian air hangat Candi Umbul ini diyakini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit, penyakit tulang dan tentunya menghilangkan penat setelah berwisata di Magelang. Anda yang punya anak kecil juga tidak perlu khawatir kedinginan setelah lama berendam di kolam air hangat Candi Umbul.

Air hangat Pemandian Candi umbul berasal dari air yang menyembul dari dasar kolam. Dasar kolam yang berupa batu andesit berukuran sedang membuat gelembung-gelembung udara menambah asyik berendam lama-lama pada pemandian air hangat Candi Umbul. Untuk anda yang tidak bisa berenang tidak perlu khawatir, karena Pemandian Candi Umbul ini tidak sampe 1.5 meter. Pada musim kemarau bahkan hanya sekitar 1 meter saja.

pemandian-candi-umbul2

Selain kolam renang dengan air hangat yang menyegarkan, anda bisa bersantai di taman yang ada si kompleks Candi Umbul. Ada beberapa gazebo dan tempat yang lapang bisa anda gunakan untuk bercengkerama bersama keluarga dan kerawat setelah puas berenang di Pemandian Candi Umbul.

Rute Pemandian Candi Umbul

Untuk mencapai Pemandian Candi Umbul di Desa Kartoharjo, kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang ini tidaklah sulit. Namun untuk menuju ke Pemandian Candi Umbul anda harus menggunakan kendaraan pribadi, bisa motor atau mobil karena belum ada transportasi umum menuju ke Candi Umbul.
Jika anda dari arah Semarang bisa mengambil jalan ke kiri sebelum Kecamatan Pringsurat, Temanggung. Hanya berjarak sekitar 400 meter anda sudah sampai di lokasi. Sedangkan apabila dari arah Yogyakarta, pengunjung dapat mengambil jalan ke kanan di pertigaan Desa Krincing (sebelah utara Secang) ke arah Grabag, kemudian lihat sebelah kiri sebelum pasar Grabak mengikut papan penunjuk arah menuju Candi Umbul. Meski jalanan berbelok-belok cukup ikuti jalan tersebut.
Untuk Tiket masuk pemandian air hangat candi Umbul cukup murah, dengan membayar tiket 7 ribu rupiah untuk dewasa dan 6 ribu rupiah untuk anak-anak, anda sudah bisa menikmati segarnya mandi air hangat di pemandian candi Umbul. Selain itu ada biaya parkir 2 ribu rupiah untuk motor dan 5 ribu untuk mobil. Kalau anda lapar di dalam kompleks pemandian Candi Umbul juga tersedia kantin murah meriah.

Leave a Reply

You must be Logged in to post comment.

© 2017 tukangsapu.web.id |Knowledge Sharing. All rights reserved.
Proudly designed by Theme Junkie.