Mengenal Ayam Mutiara / Guinea Fowl

Bila anda memiliki pekarangan yang masih kosong dan ingin melengkapinya dengan satwa, mungkin pilihan bisa dijatuhkan pada ayam mutiara. Walaupun pekarangan tidak terlalu luas tetap memungkinkan untuk itu. Kenapa ayam mutiara..? karena ayam jenis ini cukup indah dan menyenangkan bila dipandang. Selain itu dari aspek pemeliharaan dan pemberian makanan cukup mudah.

Coba googling-googling mengenai ayam ini,lumayan minim informasi tentang ini dalam bahasa Indonesia, akhirnya ketemu juga nama ayam ini dalam bahasa Inggris, Guinea Fowl. Berbekal kata kunci ini lumayan banyak resource yang bisa diperoleh. Yang menarik dari ayam ini adalah warna bulunya yang indah, dipenuhi dengan bintik-bintik putih seperti mutiara, mungkin inilah yang menyebabkan dinamakan ayam mutiara. Ciri fisik lain adalah ia memiliki pial disamping kiri dan kanan kepalanya dan pial di atas kepala yang nampak seperti helm.

Habitat dan Kebiasaan Hidup Ayam Mutiara

Konon hewan ini berasal dari daratan Afrika yang banyak menghuni Savana dan semak belukar secara bergerombol. Di alam liar dalam satu gerombolan bisa mencapai ribuan ayam ini. Karena itulah sesungguhnya hewan ini tidak suka sendiri. Di habitat asalnya banyak memakan serangga dan tumbuh-tumbuhan. Karena itu kalau anda adalah peternak lebah, tidak disarankan memelihara ayam ini di areal peternakan lebah. Selain itu di beberapa kawasan pertanian hewan ini bisa digunakan sebagai semacam “watch dog”untuk menakut-nakuti rusa pemakan tanaman. Karena ia akan mengeluarkan suara yang keras dan berisik apabila ada hewan/orang asing memasuki kawasannya. Karena sebenarnya mereka termasuk dalam golongan burung (aves), ia bisa terbang walaupun lebih suka tinggal di tanah.

Jenis Ayam Mutiara

Ayam mutiara memiliki ragam warna yang sangat bervariasi, karena dalam perkembanganya telah terjadi cross breding antara ayam mutiara asli dengan ayam lain. Berbagi jenis yang banyak ditemui antara lain :

1. Pearl Guinea

Pearl Guiena

Warna asli ayam mutiara adalah dominasi abu-abu gelap dengan bintik putih merata di sekujur tubuhnya.

 

2. White Guinea

White Guiena

Ayam Mutiara ada yang berwarna Putih

 

 

 


3. Royal Purple Guinea

Royal Purple

Royal Purple warna lain dari Ayam Mutiara

 

4. Violet Guinea

Violet Guiena

 

 

5. Cokelat

Cokelat

 

 

6. Brown

Cokelat

 

 

7. Lavender

Lavender

 

Referensi :

http://www.feathersite.com/Poultry/Guineas/BRKGuineas.html

http://www.hoglezoo.org/animals/view.php?id=12

http://www.guineafowlinternational.org/links/index.php#general

– http://paraguinparadise.netfirms.com/

52 Responses to “Mengenal Ayam Mutiara / Guinea Fowl”

  1. iwan says:

    Dear All,
    Saya ada yang minat mau ternak nich ayam saudara saya di palembang,kalau boleh tau harganya berapa sepasang,Nberapa ongkos kirimnya..?
    Terus bisa dikirim pakai exspedisi apa..?terima kasih.

    Best Regards

    Iwan
    021 70587219
    YM:iwan_computel@yahoo.com

    tukang Reply:

    Mungkin Pengunjung Lain bisa kasih info, Saya sendiri tidak menjual Ayam Mutiara cuma sekedar seneng memelihara

  2. boerhanovic says:

    saya jg lg iseng2 ternak…
    klo menjelang malam, berisiik bgt tuh ayammm…

    tukang Reply:

    Bener mau tidur berisik

  3. fahmi says:

    apa perbedaan yang jantan dan betina?

    tukang Reply:

    Cukup sulit memang membedakan ayam mutiara jantan dan betina

    emha fahmi Reply:

    trus supaya tau mereka jantan dan betina gmn??

  4. mtoha says:

    Saya punya dua pasang ayam mutiara, sudah kumpul kira2 4-5 bulan. Kenapa ya mereka kok gak bertelur? Bgmn caranya membuat mrk kawin dan bertelur?

    tukang Reply:

    Kelihatannya Faktor makanan dan lingkungan cukup berpengaruh pada kemampuan bertelur. Jika dibiarkan berkeliaran di alam terbuka keihatannya lebih mudah terbuka. Tapi beresiko dengan keamanan dan keselamatan si Ayam

    ratna Reply:

    iya neh kenapa ayamku gak bertelor2 yaaa…..!

    tukang Reply:

    Ayam mutiara memang rada susah bertelur,lingkungan harus senyaman mungkin seperti habitat aslinya

  5. fendi says:

    sya jg plihara 3 ekor ayam mutiara. Beli 2 ekor 200rb.yg laen 75 rb. Pnah baca, yg jntan warna pial merah cerah, pial lbh besar, bdan agak bungkuk. Tp klo dterapkn susah jg beda kan nya.

  6. nazar says:

    saya punya,tpi klo mau buat dia gemuk kasi mkan apaya?

    fendi Reply:

    mmg klo dbanding dgn berat ayam kampung, ayam mutiara lbh ringan alias dagingnya lbh sdkt. Biasa kasih pelet ato pur ayam.

  7. Nazar says:

    ayamni pakai species(jenis)jg ka,sperti halnya burung?

  8. Nazar says:

    Tetangga saya punya beda dgn sy punya,dia punya pendek dan kelihatan gemuk and nda bsa terbang,kl pnya saya aga kurus tinggi and ska terbang?

  9. IWAN says:

    HU’UM Q punya 2 ekor q bingung ayam mitiara ni klo bertelur d dlm tnah pa dmn ya?

    eden ginting Reply:

    ayam mutiara, sifat bertelurnya tidak menentu,jadi sering diperhatikan dimana ayam tersebut sering datang atau bermain dan mencari makan

  10. fendi says:

    dlu pnah btelur d bwah rumpun bambu, ga bisa dbuatkn tmpt btelur. Klo ayamnya dlepas, ia akan btelur dtpmt se enaknya sndiri. Jd qta hrs sering2 nyari dmn tmpt btelurnya.

  11. emha fahmi says:

    apa beda ayam mutiara jantan dan betina?

  12. ivan says:

    saya beli anakan aym mutiara di pasar setelah besar ternyata betina karna skrang uda bertelur 10 butir biar jadi mohon kalo ada yang jual jantan saya mau biar bisa di ternak

  13. asep hendi says:

    suka dngan topik ini,klo boleh saya akan bercerita,saya pernah punya ayam mutiara,jadi pengalaman saya bahwa 1.ayam mutiara kalo bertelur tidak boleh dijamah telurnya,kalo disentuh biasanya enggan untuk bertelur lagi”tidak boleh ada bau tangan manusia,kalaupun disentuh harus pake kain atau pelapis lain nya agar bau tangan kita tidak ter cium oleh ayam trsbt,
    2.masalah bertelur tergantung ayam nya kadang ada ayam yang bertelurnya dimana aja ,tapi ada ayam yang bertelurnya satu tempat,seperti normalnya ayam kampung ,
    3.kelebihan nya ayam mutiara bertelur sangat banyak,bisa mencapai 60 butir,dan memang tidak semuanya ada embrionya,karna yang saya ketahui,ayam mutiara jarang sekali”bercinta”
    4cara membedakan ayam jantan dan betina,itu bisa dilihat pada umur dewasa,tidak pada umur yang masih muda,yang saya ketahui ayam jantan tanduk nya ledih panjang menjulang keatas hampir 380 drajat,kalo betina tanduk nya itu lebih miring ke belakang,dan itu prediksi yang tepat menurut saya pribadi,
    5 masalah pengembang biakan ayam mutiara memang sedikit sulit yang saya rasakan karna beberapa faktor,yaitu 1.ayam mutiara mungkin harus berpasangan,karna kalo misal ada 2jantan 1 betina biasanya ada kecenderungan berkelai,menjadi saingan,
    2.makanan,3. lingkungan 4.musim kawin ,tidak lazim seperti ayam kampung pada umumnya.
    Mungkin hanya itu yang saya ketahui ,mudah-mudahan bermanfaat.

    tukang Reply:

    Terimakasih, Tambahan Infonya semoga bermanfaat.

    fahmi Reply:

    musim kawin biasanya kpn?trus usia dewasa itu berapa bulan?thx

  14. Dadan Achmad Ramdan says:

    salam,
    Dimana bisa dapatkan bibit ayam mutiara
    trimakasih

    fendi Reply:

    ada d saradan madiun, ayam jenis laen jg ada.

  15. alam says:

    nice blog, saya plg suka piara hewan. hihihi
    yg pernah sya baca, ayam mtiara jantan badannya lebih panjang dibanding betina. badan betina cenderung membulat..
    tp sy sendiri blm pernah piara ayam ini, lg nyari2. dipalembang dah jrg ada yg jual

  16. eden ginting says:

    saya,ini baru penelitian di USU, medan mengenai ayam mutiara. Di USU ayam Mutiara telah banyak dikembangkan tetapi belum ada penelitiannya jadi ini saya mau meneliti mengenai ayam mutiara………………..

  17. red says:

    hebat juga ulsannya. saya mau melihara ayam ini. kalau pasarannya tahu gak. apa ayam ini juga kebal flu burung? sambil promosiin blog saya http://backyardpen.blogspot.com/

  18. candra says:

    kalau ada tahu tempat yg jual bibit ayam mutiara tolong ksh info lengkap alamatnya dong, bisa ke email saya candra.basuki@yahoo.co.id makasih banyak

  19. Dewa says:

    Apa bisa ayam mutiara kawin dengan ayam kampung???

  20. ANJAS says:

    BAGAIMANA TANDA – TANDA AYAM MUTIARA BERTELUR

  21. aldyansyah says:

    kalau ayam mutiara dikandang di beri sarangan untuk bertelur dicampur sama jantannya apa bisa bertelur pa gak ya.

  22. pondok amanah bunda says:

    ayam mutiara suka bertelur disemak2. sampai saat ini peternakan kami juga mengembangkan ayam mutiara..

  23. joko priyanto says:

    sy punya sepasang baru bertelur 16 butir ,sedang dingeram dg ayam kampung kira tgl 5 maret 2011 menetas, memang ayam tersebut cara pemeliharaannya tdk dikurung namun dilepas sedangkan makanannya pur ayam dan beras merah kalo bisa pemberian makanan bervariasi, terus kandangnya jgn lupa diberi pasir, thank

  24. eko says:

    saya baru memelihara ayam mutiara, sudah bertelur juga,tp yang saya tanyakankog lama y g menetas??memangnya berapa lama waktu pengeraman??tankz

  25. andi says:

    Sy sekarang beternak ayam mutiara, selain itu jg ada ayam ketawa, poland/jambul dan pelung..sy ada yg warna ungu bintik putih dan putih polos..kalo telur ayam mutiara netasnya 18-21 hari,sama dgn ayam lainnya..jd kalo sdh lwt dr hr itu kmungkinan telur tdk dibuahi/tdk menetaas..
    kalo ciri jantan dan betina ckp banyak:
    1. jantan tanduk lbh besar dan panjang
    2. jantan badannya cenderung membulat dan besar, betina memanjang
    3. jantan warnanya lbh terang dan warna putih dikepala lebih solid dr betina

    bagi temen2 yg bth ayam mutiara di daerah bogor byk yang menjual,harga bervariasi. utk induka harganya 300 rb-600 rb.

    mudah2an infonya bermanfaat
    salam

    Danang Reply:

    Kalo boleh tau, alamat yg jual Ayam Mutiara di Bogor, tepatnya dimana ya,..!?

    Chandra Reply:

    maaf, kalo boleh ralat tu gan! Setauku, telur ayam mutiara baru menetas setelah dierami selama 28 hari. Karna aq udah sering netasin telur ayam mutiara ini.

  26. irman.f says:

    sy ad 6 aym mutiara umur ny br 5 bln.di umur brapa aym mtiara bertlur.

  27. hady says:

    saya tertarik dgn ayam mutiara<harga ayamnya berapa yyyy

  28. antok says:

    mantap buat referensi
    saya piara 2 jantan semua, buat juragan2 yang mau tukeran dengan betrina boleh call no ini
    02749333234

  29. bintang says:

    mohon informasi dari agan2….beli anakan ayam mutiara di semarang/jawa tengah dimana ya..?

  30. hendra says:

    saya punya sepasang dah sudah betelur. saya eramkan ayam kampung dari 11 butir bisa menetas 9 ekor..

  31. hendra says:

    dari 11 telur yg dieramin ke ayam kampung mutiaraq netas 9 ekor..

  32. Ady says:

    Saya punya ayam mutiara dewasa 12 ekor. dulu sebenernya banyak, karena kandang rusak, akhirnya kluar dan ada yg kena motor. tapi alhamdulillah sekarang bisa menghasilkan anakan 11 ekor yg umur 1 bulan lebih, dan 7 ekor yg umur 2 minggu…

    Andi Reply:

    Umur berapa mulai betelur pak? Punya saya sudah umur 2 tahun blum juga bertelur. Knp ya?

  33. hendra says:

    kalo ada yg butuh anakan mutiara bisa hubungi saya di 081931759937

    terima kasih

  34. masfud says:

    orang australi suka makan ayam ini lhooo..

  35. Kinda says:

    kalau mau beli ayam mutiara di daerah purwakarta dimana yaaa

    tukang Reply:

    Kebetulan saya tidak begitu mengenal Area Purwakarta Bos, Biasanya di Pasar-pasar unggas yang agak gede ada dijual Ayam Ini.

  36. Diyon says:

    Saya juga memelihara ayam mutiara ini sebanyak 6 ekor sudah berumur 8 tahun sejak menetas sampai sekarang, dulu pernah bertelur ketika pejantannya masih ada sayang sang pejantan hilang dikejar-kejar anjing ketika lepas diluar jaring kandangnya pada malam hari.
    Untuk membedakan antara jantan dan betina menurut pengalamanku adalah klo yang jantan bunyinya “klik…klok….klik….klok….” sedang yang betina “kkreek…kkreeek..kreek….”
    Demikian mudah-mudahan dapat membantu.

Leave a Reply

You must be Logged in to post comment.

© 2014 tukangsapu.web.id |Knowledge Sharing. All rights reserved.
Proudly designed by Theme Junkie.