Belanja Ikan Di Pantai Sadeng Dan Baron Gunungkidul

Pantai Sadeng sebenarnya merupakan pantai yang sudah sejak lama dijadikan sebagai tujuan wisata di Kabupaten Gunungkidul. Tidak hanya tempat tujuan wisata saja tetapi Pantai Sadeng merupakan tempat pertemuan para nelayan dari beberapa daerah setelah mencari ikan di laut. Potensi Wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul sudah cukup lama terkenal di kalangan wisatawan baik di wilayah Yogyakarta maupun wilayah lainnya. Pada tulisan terdahulu pernah dituliskan mengenai Pesona Gunungkidul, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit rekaman perjalanan menikmati perjalanan Wisata di Pantai Sadeng dan Baron. Sengaja dua pantai tersebut yang dikunjungi untuk melihat “Potensi Belanja Ikan” di kedua Pantai Tersebut. Karena di dua pantai tersebut merupakan lokasi berlabuhnya kapal-kapal nelayan dan Tempat Pelelangan Ikan di Kabupaten Gunungkidul. Bahkan Pantai Sadeng Konon merupakan Pelabuhan Ikan Terbesar di Yogyakarta.Selain keindahan alam yang mempesona. Pantai Sadeng dan Baron merupakan alternatif bagi yang ingin memilih ikan laut segar kesukannya.

Tidak hanya Wisata  pantai saja yang bisa kita nikmati di pantai Sadeng dan Baroni tetapi juga perjalanan yang menyenangkan melalui rute alam pegunungan kapur yang menantang dan eksotik. Keindahan pantai di Wilayah Gunungkidul memang menawarkan banyak keindahan dan pesona tersendiri. Tipe bibir pantai yang berupa tebing karang membuat Pantai Sadeng dan Baron nampak indah dan elok. Belum lagi pemandangan menuju pantai yang dikelilingi gunung karst yang sangat elok membuat kita tidak bosan menikmati perjalanan hingga bibir pantai. Wisata Pantai di Pantai Sadeng dan Baron Kabupaten Gunungkidul menawarkan pilihan tersendiri bagi yang hobi belanja ikan laut.

Pantai Sadeng

Pemandangan Pantai Sadeng

Pemandangan Pantai Sadeng

Pantai Sadeng terletak di Desa Songbanyu dan Desa Pucung Kecamatan Girisubo berjarak sekitar 46 KM dari Wonosari. Pantai Sadeng sendiri berbatasan dengan Pracimantoro, Wonogiri yang masuk Provinsi Jawa Tengah. Konon Pantai Sadeng pada mulanya merupakan muara Bengawan Solo Purba, karena proses geologis Lempeng Australia menghujam ke bawah Pulau Jawa, yang menyebabkan dataran Pulau Jawa perlahan terangkat, sehingga Arus sungai akhirnya tak bisa melawan hingga akhirnya aliran berbalik ke arah utara. Tempat bekas muara bengawan solo tersebut kini dikenal dengan nama Telaga Suling. Pantai ini juga dikenal sebagai Pangkalan Pendaratan Ikan ( PPI ) yang bertaraf nasional dan merupakan penunjang pengembangan perikanan laut di Provinsi Yogyakarta.

Perahu Nelayan Di Pantai Sadeng

Perahu Nelayan Di Pantai Sadeng

Perjalanan menuju Pantai Sadeng cukup mudah dilakukan, kendaraan dari mulai sepeda motor hingga bus bisa menjangkau pantai ini, cukup banyak penunjuk arah yang cukup memadai sehingga memudahkan pendatang baru mencapai lokasi ini. Dari Wonosari menuju ke arah Semanu — Rongkop — Girisubo — Pantai Sadeng. Perjalanan menikmati pemandangan khas batu kapur dapat kita nikmati di sepanjang rute ini. Sehingga anda tidak perlu memacu kendaraan terlalu cepat demi menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan. Rute terberat berada setelah keluar dari Ibu Kota Kecamatan Girisubo, dari arah Girisubo jalanan menurun dengan tajam dan di sebelah kiri jurang yang cukup dalam, mungkin perlu ekstra hati-hati di lokasi ini. Dari Arah Sadeng lokasi ini menanjak cukup tajam, hingga butuh persiapan tenaga kendaraan, samping kanan adalah jurang yang cukup dalam. Meski demikian tidak perlu khawatir karena disamping jalan yang cukup bagus pemandangan di wilayah ini cukup indah.

Salah Satu Pemandangan Jalan Menuju Pantai Sadeng

Salah Satu Pemandangan Jalan Menuju Pantai Sadeng

Pantai Baron

Sama halnya dengan Pantai Sadeng, Pantai Baron juga menawarkan wisata pantai sekaligus wisata belanja Ikan karena di pantai Baron ini juga merupakan Pangkalan Pendaratan Ikan. Fasilitas dan lokasi belanja memang relatif lebih ramai di Pantai Baron ini bila dibandingkan dengan Pantai Sadeng. Meski Pantai Sadeng merupakan pelabuhan Ikan yang lebih besar. Lokasi Pantai Baron berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari sekitar 23 KM arah selatan Kota Wonosari . Berwisata di Pantai Baron biasanya merupakan satu rangkaian dengan wisata pantai dari rangkaian kawasan Pantai Baron, Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal dan Sundak.


Pemandangan Pantai Baron

Pemandangan Pantai Baron

Di pantai ini juga terdapat sungai bawah tanah yang bisa digunakan untuk pemandian setelah bermain dilaut. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati aneka ikan laut segar maupun siap saji, dengan harga terjangkau , termasuk menu khas Pantai Baron yaitu Sop kakap.

Medan Perjalanan menuju Pantai Baron relatif lebih mudah dan dekat bila dijangkau dari Wonosari, tidak ada medan yang menanjak ekstrim seperti menuju pantai Sadeng, namun keduanya tetap saja menawarkan pesona yang luar biasa. Dari arah Yogyakarta selain bisa ditempuh rute Yogya — Wonosari — Tanjungsari — Baron juga bisa ditempuh rute perjalanan Yogyakarta — Imogiri — Panggang — Saptosari — Baron. Jika anda menyukai perjalanan yang lebih menantang mungkin rute ini bisa dicoba. Dari Imogiri menuju Panggang jalanan menyusuri punggung bukit menanjak dan berkelok-kelok selain itu di sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan yang sangat eksotis. Tidak ada salahnya bila menyempatkan diri rehat di perjalanan untuk menikmati keindahan pemandangan.
Anda Tertarik? Selamat Berwisata.

Kapal Nelayan  Bersandar Di Pantai Baron

Kapal Nelayan Bersandar Di Pantai Baron

3 Responses to “Belanja Ikan Di Pantai Sadeng Dan Baron Gunungkidul”

  1. Agung Pramono says:

    Maju terus Gunung Kidul! Saya pribadi terus mengikuti perkembanganmu.
    Khusus untuk P’Sumpeno Putro, angkat topi untuk “tekad”nya ingin membangun Gunung Kidul.

  2. suhardi says:

    Desa Songbanyu adalah tanah kelahiranku, dan pantai sadeng adalah tempat mandi pada waktu kecilku, kini sudah menjadi tempat wisata yang perlu di kunjungi lagi.
    hidup pantai sadeng,,,,,

  3. suhardi says:

    Belanja ikan di pantai sadeng memang menyenangkan, bagi kawan-kawan yg belum kesana boleh dicoba, bisa jg langsung dimasak disana,
    pokoke mak nyusssssss……

Leave a Reply

You must be Logged in to post comment.

© 2014 tukangsapu.web.id |Knowledge Sharing. All rights reserved.
Proudly designed by Theme Junkie.